1. jelaskan batasan debat !

Posted on

2. identifikasikan unsur-unsur debat !
3. jelaskan tata cara debat yang benar !

1. jelaskan batasan debat !

1. tidak boleh berbicara kotor dan penghinaan

2. a) Mosi => Pokok permasalahan yang dijadikan dasar saat debat.

b) Tim pro/Afirmasi (setuju akan mosi yang ada)

c) Tim Kontra/Oposisi (Tidak setuju akan suatu mosi yang ada)

d) Tim Netral (Tim yang menyatakan argumen tidak mendukung maupun menolak dan memberikan jalan tengah)

e) Moderator => yang mengatur jalannya debat, menjaga suasana agar ttp kondusif juga stabil dalam debat

.f) Timekeeper => penjaga waktu saat berdebat agar sesuai jadwalnya

g) Penonton/Juri => Juri ada apabila ada kompetisi debat, Penonton ada untuk memberikan penilaian.

h) Pembawa acara => yang mengatur acara keseluruhan kecuali saat agenda debat.

i) Penulis / notulen => Orang yang menarik kesimpulan (Tim atau oleh moderator).

3. 1. Memahami dan menjalankan peraturan debat yang telah disepakati oleh peserta dan anggota debat. Jika seorang anggota debat melanggar peraturan maka akan berpengaruh kepada timnya.

2. Pertanyaan yang diajukan sebaiknya disampaikan dengan profesional, tidak menghina, menguji, maupun merendahkan lawan, pertanyaan juga tidak boleh menyerang lawan secara pribadi namun fokus ke permasalahan yang sedang dibahas.

3. Ajukan argumen dengan analisis yang kritis, masuk akal, dan runtut. Ketiga hal ini akan lebih baik jika dilakukan dengan kemampuan retorika yang baik.

4. Dalam menyampaikan gagasan kenali dan pahami kelemahan maupun kelebihan yang dimiliki lawan. Hal ini sangat penting untuk menyusun strategi debat sehingga efektif dalam menyangkal dan mempengaruhi lawan bahkan seluruh peserta debat.

5. Argumen yang disampaikan tidak perlu terlalu banyak karena waktu yang terbatas. Susun argumen ke dalam poin-poin yang singkat dan lugas yang merujuk langsung ke permasalahan yang sedang didebatkan.

6. Memahami dengan baik tentang kesalahan-kesalahan dalam berpikir terutama pada penyelesaian masalah. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui kelemahan argumentasi yang diberikan oleh lawan.

7. Menyajikan gagasan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sertakan juga data-data yang valid yang dapat mendukung argumen atau gagasan.  

 

8. Buatlah kesimpulan yang menunjukkan pernyataan final dengan kalimat yang lugas dan langsung menuju ke titik celah lawan. Penyampaian kesimpulan tidak perlu terlalu panjang cukup poin-poin yang menegaskan argumentasi dan disampaian dengan tegas untuk menunjukkan rasa percaya diri bahwa argumentasi tersebut benar.