Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita, Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut

Posted on

• Lingkunganku hijau udaraku bersih.
• Aku menjaga udaraku bersih.
• Aku merawat kesehatan pernapasan.

>>>>>>TERSERAH KAKAK<<<<<<

Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita, Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut

Jawaban Terkonfirmasi

Tema : Lingkunganku Hijau Udaraku Bersih

Aku adalah anak yang tinggal didaerah yang dikelilingi langsung oleh gunung dan dibelakang rumahku langsung terdapat gunung. Desaku sekarang ini lingkungannya begitu hijau, bukan hanya hijau karena pepohonan yang sudah lama tumbuh dipinggir jalan maupun digunung akan tetapi, sekarang ini digunungpun hijau karena jagung para petani yang begitu indah hijaunya, jika aku mendekat digunung  jagung ia begitu indah, aku sangat menikmati indahnya alam dan seketika mulut terucap dengan sendirinya memuji “begitu indahnya alam dan lingkunganku berkat engkau Ya Robb”, dan engkau telah memberikan hujan untuk para petani agar tanaman jagung mereka yang digunung subur dengan sempurna kadang mereka bersujud syukur atas karunia yang telah Allah berikan. Tak lupa ketika mendapat rezeki itu para petani berdo’a dengan acara syukuran kecil-kecilan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Desaku begitu bersih udaranya karena pepohonan yang bisa menyejukkan hati, tanpa ada kotoran yang dibuang disembarang tempat, karena desaku begitu mencerminkan tentang kebersihan agar bisa terhindar dari bencana alam serta penyakit. Sikap itu selalu diterapkan oleh Desaku termasuk Aku karena Lurahnya begitu mencintai lingkungan dan alam sekitar. Aku sangat mencintai lingkunganku yang hijau dan udaranya yang bersih karena dia bisa menenangkan pikiran dan hati yang tidak bersahabat dengan Aku. Disela menikmati gunung dan pepohonan yang hijau aku bisa menikmati pantai yang indah dan bersih. Aku juga bisa melihat para nelayan yang pergi melaut, sebagiannya pula Aku juga melihat para nelayan lain yang sedang membantu untuk menarik perahu nelayan yang balik dari melaut mereka begitu bahagia terlihat dari juah seperti tidak ada lelah yang telah dirasakan. Dan aku bisa melihat solidaritas antara para nelayan dan entah mengapa hatiku merasakan kebahagiaan mereka juga walaupun dari jauh. Terimakasih kepada orang tua yang telah melahirkanku didaerah dan desa yang penuh dengan cinta, lingkungan yang hijau, udara yang bersih dan bisa menikmati alam secara langsung. Semoga cerita ini bisa membawa kalian mengunjungi tempatku.

Pembahasan

Lingkungan adalah keadan sekitar yang mempengaruhi perkembangan makhluk hidup, lingkungan akan bagus dan bersih jika manusia yang menempati bisa menjaga kelestarian lingkungannya.  

Cara agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya:

  • Kesadaran manusia itu sendiri
  • Menjauhi yang namanya reboisasi hutan
  • Tetap menanam pepohonan untuk mencegah banjir dan tanah longsor.

Udara yang bersih adalah bagaimana cara manusia menjaga kebersihan lingkungannya. Dengan menjaga kebersihan adalah salah satu cara agar mendapatkan udara yang bersih pula.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang mengenal lingkungan sekitar kelas, lingkungan, udara bersih brainly.co.id/tugas/17865697

———————————————-

Detail jawaban

Kelas : 3 – SD

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Lingkungan

Kode :

Kata Kunci : Lingkungan, lingkungan sehat dan tidak sehat