Jelaskan cara bermain permainan bola kasti​

Posted on

Jelaskan cara bermain permainan bola kasti​

Jawaban:

INI KAKAK KASI DASARNYA YA

Berikut cara melempar bola dengan melambung pada permainan bola kasti:

1.)Fokus pandangan kedepan ke arah tujuan bola yang akan dilempar /

2.)Berdiri secara menyamping dengan cara kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang.

3.)Buka kaki yang cukup lebar.

4.)Lutut kaki kiri lurus dan kaki kanan sedikit dibengkokkan.

5.)Bola dipegang menggunakan tangan kanan.

6.)Luruskan tangan kiri dengan bahu dan wadah kedepan.

7.)Lemparkan bola hingga diatas kepala hingga bola melambung tinggi.

8.)Latihlah secara rutin agar terbiasa dan tepat sasaran^^

berikut cara memegang pemukul bola yang benar:

1.)Condongkan badan kearah pelempar bola

2.)Buka kedua kaki selebar bahu

3.)Pegang tongkat menggunakan tangan kanan. Tarik tongkat ke belakang sampai bahu

4.)Berikan tanda kepada pelempar menggunakan tangan kiri

5.)Perhatikan arah kedatangan bola

6.)Gerakan pemukul dilakukan dengan kekuatan dari gerakan badan beserta tangan kanan.

Untuk lebih jelas tentang peraturan permainan bola kasti berikut penjelasannya:

•Lapangan – secara garis besar permainan kasti memiliki ukuran lapangan dengan panjang 60-70 meter dan lebar 30 meter, untuk lebih jelas silahkan baca artikel ukuran lapangan bola kasti .

•Wasit – Seperti pada jenis permainan olahraga lainnya, permainan kasti juga memiliki wasit sebagai pemimpin jalannya pertandingan, wasit pada permainan kasti dibantu oleh 3 orang penjaga garis beserta seorang pencatat waktu.

•Jumlah pemain – setiap tim permainan kasti memiliki anggota yang yakin 12 orang dan salah satunya harus dipilih sebagai kapten tim. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel pemain kasti .

•Waktu Permainan – Permainan kasti terdiri dari dua babak, masing-masing babak memiliki durasi waktu 20-30 menit dan terdapat waktu istirahat selama 15 menit.

•Tim penjaga – tugas utama dari tim penjaga adalah mematikan lawan atau tim penyerang dengan melempar bola ke lawan atau bisa juga dengan cara menangkap bola secara langsung ketika bola pertama kali dipukul oleh tim. Tugas lainnya yang disebut dengan ruang bebas.

•Tim pemukul – setiap orang memiliki hak untuk memukul bola satu kali kecuali pemain terakhir memiliki kesempatan sebanyak tiga kali. Setiap selesai memukul, alat pemukul harus ditempatkan di ruang pemukul, jika dimasukkan di luar maka pemain tidak akan mendapatkan nilai tambah alat tersebut segera dimasukkan kembali kedalam ruang pemukul

Pelambung – pelambung harus melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul, jika tidak sesuai, pemukul bola boleh tidak memukulnya, jika terjadi berturut-turut maka pemukul diberikan ijin untuk berjalan bebas menuju marka pertama.

•Aturan memperoleh nilai – tim penyerang akan mendapatkan nilai satu ketika pemukul dapat menuju marka hingga kembali lagi ke ruang bebas, sedangkan ketika mampu menuju marka dan kembali lagi ke ruang bebas dengan menggulung sendiri maka akan mendapatkan nilai 2. Tim penjaga akan mendapatkan nilai 1 ketika mampu menangkap bola secara langsung, dan pemenang adalah tim yang mampu mendapatkan poin terbanyak.

•Pergantian tempat – pergantian tempat akan dilakukan ketika penjaga mampu, lawan tubuh dan ketika tim penjaga mampu menangkap bola secara langsung sebanyak 3 kali berturut-turut, selain itu ketika alat pemukul lepas dari tangan ketika memukul bola maka menyebabkan pergantian tempat.

Penjelasan:

Silahkan Mencoba.

Kakak saranin setelah memukul bola jangan dilempar tongkatnya karena entar kena temennya kasian.Taruh aja pelan terus lari.