Perhatikan ciri2 organ reproduksi perempuan berikut ?

Posted on

1) merupakan celah tetuar dari organ reproduksi perempuan.
2) di dalamnya terdapat saluran urine dan saluran reproduksi .
….
berdasarkan ciri-cirinya ,organ reproduksi perempuan yang dimaksud adalah..

a.vulva
b.vagina
c.serviks
d.ovarium .

plisss tolong dibantu ​

Perhatikan ciri2 organ reproduksi perempuan berikut ?

Jawaban Terkonfirmasi

Berdasarkan ciri-cirinya ,organ reproduksi perempuan yang dimaksud adalah vulva. Vulva berperan sebagai muara antar saluran dalam organ reproduksi.

Pembahasan :

Vulva merupakan bentuk organ reproduksi wanita yang terletak di paling luar dan berperan dalam melindungi saluran reproduksi juga saluran kencing (uretra). Selain sebagai proteksi, vulva berperan sebagai alat dalam penetrasi seksual.

Dalam vulva terdapat beberapa komponen, berikut diantaranya :

  • Labia minor —> Merupakan struktur lipatan kulit berbentuk sepasang mirip bibir berukuran kecil dan terletak di bagian dalam labia mayor.
  • Labia mayor —> Merupakan struktur lipatan kulit yang sama dengan labia minor, namun memiliki ukuran yang lebih besar dan terletak di luar labia minor.
  • Klitoris –> Merupakan bagian alat reproduksi yang homolog (mirip seperti penis) dan berisi jutaan saraf yang peka terhadap rangsangan seksualitas.
  • Uretra –> Merupakan jalur keluarnya urine berupa saluran yang terhubung dengan kandung kemih.
  • Vagina –> Merupakan saluran reproduksi yang menjadi tempat penetrasi seksual dan sebagai jalur keluarnya janin saat melahirkan.

Vulva secara struktur, baik ukiran dan warna dapat berbeda-beda pada setiap wanita dan tidak ada acuan tertentu mengenai bentuk dan struktur yang ideal seperti apa. Bentuk atau struktur vulva dapat berubah sewaktu-waktu dan umumnya terjadi pasca melahirkan.

Vulva merupakan salah satu area paling sensitif dan peka terhadap rangsangan, sehingga secara alami akan tumbuh rambut pada area labia mayor sebagai perlindungan alami.

Pelajari lebih lanjut :

Detail jawaban :

Mapel : Biologi

Kelas : XI

Bab : Sistem reproduksi

Kode : 11.4.9

#SolusiBrainlyCommunity