Jelaskanlah pengaruh peristiwa Rengasdengklok terhadap kemerdekaan Indonesia!

Posted on

Jelaskanlah pengaruh peristiwa Rengasdengklok terhadap kemerdekaan Indonesia!

Jawaban:

Peristiwa proklamasi yang lebih cepat yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945

Penjelasan:maaf jika salah, sama minta tlong jadikan jawaban terbaik, thanks

Jawaban:

Jika awalnya mereka akan melakukan proklamasi sesuai ketentuan Jepang, maka setelah bertemu dengan petinggi militer Jepang di Jakarta maka sikap Soekarno Hatta berubah mendukung percepatan proklamasi kemerdekaan. Dengan demikian, dampak peristiwa Rengasdengklok adalah bahwa bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaannya lebih cepat daripada yang dijanjikan oleh pihak Jepang yaitu tanggal 24 Agustus 1945.

Dipercepatnya pengumuman kemerdekaan Indonesia telah berhasil menghindarkan Soekarno Hatta dari pengaruh Jepang yang bisa jadi justru menghalangi kemerdekaan Indonesia.

Indonesia akhirnya mendapatkan kemerdekaan yang benar – benar diperjuangkan selama ratusan tahun dengan usaha dan darah rakyat sendiri dan bukan atas hadiah dari Jepang sebagaimana direncanakan sebelumnya.

Tercapainya kata sepakat antara kaum tua dan muda melahirkan persatuan yang kokoh antar kedua pihak sehingga kerjasama dapat lebih ditekankan dengan erat untuk kepentingan perjuangan kemerdekaan. Menunggu lebih lama lagi sangat beresiko menempatkan Indonesia kembali dalam kekuasaan pihak asing, karena status quo yang terjadi saat itu akibat kekalahan Jepang bisa jadi hanya akan bertahan selama beberapa jam saja.

Peoklamasi kemerdekaan yang dilakukan secepatnya telah memungkinkan dampak peristiwa Rengasdengklok berupa lahirnya negara Indonesia yang berdaulat dan lepas dari penjajahan pihak manapun.

Dampak dari peristiwa Rengasdengklok berhasil menghindarkan Indonesia dari peralihan kekuasaan ke pihak sekutu. Saat itu pasukan Jepang yang merasa belum mendapatkan perintah tidak langsung menarik diri dan terikat kepada perjanjian penyerahan kekuasaan kepada sekutu. Sementara Belanda ada di pihak sekutu dan akan berusaha merebut Indonesia kembali.