Menuliskan 10 keutamaan pada bulan Muharram​

Posted on

Menuliskan 10 keutamaan pada bulan Muharram​

1. Puasa

Berikut keutamaan puasa Asyura:

-Diberi pahala 10 ribu ibadah Malaikat

-10 ribu pahala orang yang mati syahid

-10 ribu pahala ibadah haji dan umrah

-Dihapus dosa setahun yang telah lampau

-Diberi pahala puasa setahun

-Dihapus dosa 60 tahun

-Ditulis ibadah 60 tahun siangnya berpuasa malamnya beribadah.

2. Shalat sunnah

Shalat sunnah juga merupakan ibadah yang bisa dikerjakan untuk memetik keutamaan bulan Muharram. Anda bisa melakukan shalat 4 raka'at dengan sekali salam. Bacaan tiap raka'at yang bisa dibaca adalah Al-Ikhlas sebanyak 50x. Shalat sunnah ini bisa digabungkan dengan shalat dhuha.

Niat yang bisa dibaca: "Aku niat shalat dhuha dan hari Asyura 4 raka'at sunat karena Allah Ta'ala."

Keutamaan dari sholat sunnah ini adalah dihapusnya dosa 50 tahun yang telah lampau, 50 tahun yang kemudian, serta dibangunnya seribu istana terbuat dari cahaya.

3. Silaturrahim

Salah satu amalan yang paling mudah dilakukan untuk mendapatkan keutamaan bulan Muharram adalah silaturrahim.

Dengan silaturrahim kepada keluarga dan handai taulan di hari Asyura, Anda akan panjang umur dan luas rezeki. Selain itu, menggembirakan keluarga di hari Asyura juga merupakan sumber keutamaan bulan Muharram. Fadhillah yang bisa didapat berupa Allah akan memperluas rezekinya selama setahun penuh.

Hal ini juga berlaku kepada alim ulama yang kita sambung tali silaturrahminya di hari Asyura. Mengunjungi alim ulama baik yang masih hidup atau sudah wafat memiliki keutamaan bulan Muharram berupa pahala ibadah 70 tahun.

Silaturrahim juga berlaku untuk menjenguk orang sakit yang keutamaannya adalah seakan-akan menengok seluruh keturunan Nabi Adam AS.

4. Memakai celak mata

Salah satu amalan sederhana sebagai keutamaan bulam Muharram adalah menggunakan celak mata. Amalan ini memiliki keutamaan berupa dijauhkan dari penyakit mata selama setahun.

5. Keutamaan 10 Muharram Kepada Anak Yatim

Hanya dengan mengusap kepala anak yatim, kita bisa mendapatkan keutamaan bulan muharram yang melimpah, yakni setiap 1 helai rambut 1 derajat di surga.

6. Bersedekah

Ada keutamaan bulan Muharram yang bisa dipetik dengan melakukan sedekah. Berikut di antaranya.

-Sama dengan pahala sedekah setahun.

-Permohonannya dikabulkan.

-Bila memberi makan, maka seakan-akan ia telah memberi makan seluruh umat Nabi Muhammad hingga kenyang.

-Bila memberi minum, maka di hari kiamat tidak akan merasa haus selamanya dan seakan-akan ia tidak bermaksiat sekejap matapun.

7. Menjaga Kesucian

Salah satu keutamaan bulan Muharram bisa didapat sesederhana melakukan kegiatan sehari-hari, contohnya mandi. Mandi di saiang hari Asyura memiliki keutamaan berupa selama setahun tidak akan sakit, kecuali sakit menjelang kematian.

Selain mandi, ada kesucian atau fitrah yang bisa dijaga untuk mendapatkan keutamaan bulan Muharram. Berikut fitrah tersebut.

-Mencukur bulu kemaluan.

-Khitan.

-Mencukur kumis.

-Mencabut bulu ketiak.

-Memotong kuku.

8. Membaca surat Al-Ikhlas

Dengan membaca surat pendek ini sebanyak 1.000 kali, keutamaan bulan Muharram yang bisa didapat adalah ketika sakaratul maut akan diperlihatkan tempat duduknya di surga atau diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan surga.

9.Ziarah

10.Menjenguk orang sakit

#semoga membantu ya