Apa nilai moral yang terkandung dari peristiwa Palapa​

Posted on

Apa nilai moral yang terkandung dari peristiwa Palapa​

Jawaban::

Moral yang kita dapat dari peristiwa sumpah palapa adalah, kita harus berani memiliki mimpi yang besar, Percaya terhadap diri sendiri bahwa cita-cita tersebut akan tercapai, Teguh pendirian dan bersungguh-sungguh untuk mencapai impiannya, Rela berkorban dan berdedikasi besar bagi negara

Penjelasan::

Gajah Mada merupakan sosok penting dalam sejarah kerajaan Majapahit. Pasalnya beliau adalah seorang patih dari kerajaan Majapahit yang memiliki peran besar guna mempersatukan bumi nusantara.

Sebagai salah satu sosok berjasa dalam menyatukan nusantara, maka banyak nilai-nilai yang dipelajari dari patih Gajah Mada tersebut, khususnya dari segi sifat kepahlawanannya.

Gajah Mada lahir pada tahun 1299 di sebuah wilayah dekat sungai Brantas. Saat tumbuh dewasa, Gajah Mada mulai mengabdikan dirinya sebagai prajurit di Kerajaan Majapahit. Berkat kecerdasaan serta ketangkasan yang ia miliki, maka Gajah Mada pun berhasil diangkat sebagai Bekel atau komandan pasukan elit Bhayangkara.

Sebagai sosok yang berjasa besar bagi kerajaan Majapahit, maka Majapahit kembali diangkat menjadi Patih setelah menyelamtkan Prabu Jayanegara di tahun 1319. Barulah setelahnya Gajah Mada diangkat sebagai mahapatih oleh Ratu Tribhuwanatunggadewi pada tahun 1334.

Nilai-Nilai yang Dipelajari dari Patih Gajah Mada dalam Kepahlawanannya Menyatukan Nusantara::

Jika membahas tentang sosok Gajah Mada, maka kita tidak akan lepas dari Sumpah Palapa. Pasalnya sumpah palapa ialah sumpah atau janji yang diucapkan oleh Gajah Mada di mana ia tidak akan memakan buah palapa (bisa pula diartikan: menikmati kesenangan) sebelum ia berhasil menaklukan dan mempersatukan nusantara di bawah kekuasaan Majapahit.

Mengingat besarnya cita-cita Gajah Mada sesuai sumpah palapa tersebut, maka ia tentu perlu berjuang dengan keras guna membawa kerajaan Majapahit ke puncak kejayaannya Namun dengan kegigihan yang besar, maka Gajah Mada pun berhasil menyatukan nusantara dan berhasil menjadikan Mahapahit sebagai kerajaan yang berjaya.

Berdasarkan perjuangan Gajah Mada dalam meraih cita-citanya sesuai sumpah palapa, maka ada banyak sekali nilai-nilai yang dipelajari dari Patih Gajah Mada guna merealisasikan mimpi besarnya dalam menyatukan nusantara dan membawa kejayaan bagi Majapahit.

___________________

#SemogaMembantu

#SamaSamaBelajar