salah satu usaha yang dilakukan khalifah abdul malik bin marwan dalam mengemban amanah adalah meredam pembrontakan abdullah bin zubair di

Posted on

salah satu usaha yang dilakukan khalifah abdul malik bin marwan dalam mengemban amanah adalah meredam pembrontakan abdullah bin zubair di

Jawaban Terkonfirmasi

Salah satu usaha yang dilakukan Khalifah Abdul Malik Bin Marwan dalam mengemban amanah adalah meredam pemberontakan Abdullah Bin Zubair di .. Mekkah

Pembahasan:

Abdullah Bin Zubair adalah salah seorang tokoh Islam, anak dari Subair bin Awwam dan Asma binti Abu Bakar. Semasa mudanya, ia berpartisipasi dalam penaklukan Suriah dan Mesir, dan kemudian dalam penaklukan Afrika Utara dan Iran utara masing pada 647 dan 650 M.  

Pemberontakan Abdullah Bin Zubair terjadi akibat khalifah Muawiyah bin Abu Sofyan dari Dinasti Umayyah menunjuk anaknya sendiri, Yazid bin Muawiyah, menjadi calon penggantinya sebagai khalifah. Hal ini melanggar kesepakatan sebelumnya, dimana Muawiyah dan Hasa bin Ali sepakat khalifah akan dipilih umat Islam.

Pemberontakan ini dimulai pada saat Yazin naik menggantikan Muawiyah yang meninggal pada tahun 680 M. Awalnya Abdullah bin Zubair mendukung kekhalifahan Husain bin Ali, adik dari Hasan bin Ali dan anak khalifah Ali bin Abi Thalib.

Namun pada tahun itu, Husain dan keluarganya tewas di Karbala, Iraq. Ini membuat Abdullah Bin Zubair menyatakan diri sebagai khalifah, dan memusatkan pemberontakannya di Makah. Pemberontakan ini memecah dunia Islam antara yang mentukung Yazid Bin Muawiyah di Syria dan Abdullah Bin Zubair di Mekah.

Pada tahun 683 M, Yazid meninggal, dan kemudian anaknya yang menggantikannya, Muawiyah bin Yazid juga meninggal. Akibatnya banyak gubernur daerah mengakui Abdullah Bin Zubair sebagai Khalifah. Namun Bani Umayyah berhasil mempertahankan kekuasaanya di Mesir dan Syria, dua provinsi paling kaya saat itu, dibawah pimpinan Marwan Bin Hakam.

Anak dari Marwan, Abdul Malik Bin Marwan kemudian mengalahkan Musab Bin Zubair, saudara Abdullah dan Gubernur Iraq pada tahun 686 M. Dengan kekalahan ini, kekuasaan Abdullah Bin Zubair terbatas hanya di wilayah Mekah dan Hejaz disekitarnya.

Kemudian pada tahun 691, Mekah dikepung oleh Al-Hajjaj ibn Yusuf, panglima perang Dinasti Umayyah, dan Abdullah Bin Zubair akhirnya tewas pada pertempuran pada tahun berikutnya.

Setelah meninggalnya Abdullah Bin Zubair, maka kekuasaan Dinasti Umayyah menjadi tak tergoyahkan, hingga munculnya pemberontakan Bani Abbassiyah.

———————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

Penyebab runtuhnya Bani Umayah?  

brainly.co.id/tugas/1608728  

Detail Jawaban    

Kode: –

Kelas: VIII

Mata Pelajaran: Sejarah

Materi: Sejarah Kebudayaan Islam

Kata Kunci: Bani Umayyah, Abdullah Bin Zubair, Abdul Malik Bin Marwan