Kenapa di Indonesia Awal Pembelajaan di Indonesia dimulai juli bukan januari ?

Posted on

Kenapa di Indonesia Awal Pembelajaan di Indonesia dimulai juli bukan januari ?

Jawaban Terkonfirmasi

Awal Pembelajaan di Indonesia dimulai Juli bukan Januari adalah karena adanya UU No. 0211/U/1978 yang mengatur tentang pengunduran tahun ajaran baru, yaitu memulainya di bulan Juli dan mengakhirinya di bulan Juni. Jadi, sebelum UU ini dibuat, Indonesia memulai tahun ajaran pada bulan Januari.

Kakak akan jelaskan lebih lanjut dalam pembahasan dibawah ini.

Pembahasan

Perubahan awal tahun ajaran baru terjadi saat Daoed Joesoef menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ia menjabat di zaman orde baru sejak tahun 1978 hingga 1983. Alasan beliau merubah tahun ajaran baru adalah sebagai berikut :

  1. Tahun ajaran baru yang jatuh pada bulan Januari menyulitkan proses perencanaan pendidikan. Hal tersebut karena tahun ajaran baru yang dimulai pada bulan Januari kontras dengan akhir tutup buku anggaran. Oleh karena itu, kebijakan ini dibuat untuk menyesuaikan dana anggaran awal tahun.
  2. Mempertimbangkan penetapan awal tahun ajaran baru di luar negeri. Rata – rata tahun ajaran baru di luar negeri ada pada bulan Juni. Bapak Menteri mempertimbangkan dengan kebijakan baru ini dapat memudahkan peserta didik Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri.
  3. Libur panjang bulan Desember bertepatan dengan musim hujan. Hal ini menyebabkan kegiatan liburan menjadi terganggu dengan derasnya hujan pada bulan tersebut. Anak juga menjadi mudah sakit.

Sekian dari kakak, semoga membantu ya! Semangat! (^^)9

Pelajari lebih lanjut

  1. materi tentang sistem pendidikan di Indonesia : brainly.co.id/tugas/11352026

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: IPS

Bab:  2 – Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional Prawacana

Kode: 8.10.2

Kata kunci:  Awal tahun pembelajaran di Indonesia dimulai Juli