seorang Ksatriya varna harus memahami ajaran astra brata. sebutkan dan jelaskanlah hal itu! tolong bantuannya

Posted on

seorang Ksatriya varna harus memahami ajaran astra brata. sebutkan dan jelaskanlah hal itu! tolong bantuannya

Jawaban Terkonfirmasi

Sebagai seorang Ksatria varna, dalam menjalani hidupnya dia harus mengamalkan ajaran-ajaran tertentu sebagai syarat menjadi seorang ksatria seutuhnya salah satunya adalah dengan mengamalkan ajaran Astra Brata. Isi dari Asta Brata merupakan delapan tipe kepemimpinan yang merupakan delapan sifat kemahakuasaan Tuhan Berikut di bawah ini adalah isi ajaran Astra Brata:

  • Indra Brata, yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin hendaknya mengikuti sifat-sifat Dewa Indra sebagai dewa pemberi hujan, dan memberi kesejahtraan kepada rakyat.
  • Yama Brata, yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin hendaknya mengikuti sifat-sifat Dewa Yama yaitu menciptakan hukum, menegakkan hukum, dan memberikan hukuman secara adil kepada setiap orang yang melakukan kesalahan.
  • Surya Brata, yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin selalu memberikan penerangan secara adil dan merata kepada seluruh rakyatnya dan juga selalu berbuat berhati-hati seperti matahari dalam menyerap air.
  • Candra Brata, yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin hendaknya selalu dapat memperlihatkan wajah yang tenang dan berseri-seri agar rakyatnya merasa yakin akan kebesaran jiwa dari pemimpinnya.
  • Bayu Brata, yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin hendaknya selalu dapat mengetahui dengan cara menyelidiki keadaan serta kehendak yang sebenarnya masyarakat kecil terutama keadaan masyarakat yang hidupnya paling menderita.
  • Kuwera Brata yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin hendaknya harus bijaksana dalam mempergunakan dana atau uang negara dan selalu ada keinginan untuk mensejahterakan rakyatnya. Selain itu juga sebagai seorang pemimpin agar tidak menjadi pemboros yang akirnya dapat merugikan negara dan masyarakat.
  • Baruna Brata yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin sebaiknya dapat memberantas segala macam bentuk penyakit masyarakat, antara lain: pengangguran, kenakalan remaja, pencurian dan kejahatan yang meresahkan masyarakat.
  • Agni Brata yang berarti apabila menjadi seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang selalu dapat memotivasi tumbuhnya jiwa ksatria serta semangat yang berkobar dalam menundukkan musuh-musuhnya.

Penjelasan:

Asta Brata adalah kebijaksanaan di jalan menuju kebijaksanaan dalam kepemimpinan Jawa. Ada delapan jalan kebijaksanaan yang harus dipahami oleh seorang pemimpin. Ini adalah cara para dewa. Dengan hanya satu yang hilang, posisi kepemimpinan seorang raja akan memiliki kelemahan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Sebutkan bagian bagian asta brata

brainly.co.id/tugas/10279974

Materi tentang Jelaskan sistem pengangkatan raja pada masa kerajaan hindu budha

brainly.co.id/tugas/2394419

Materi tentang Jelaskan Pengertian tentang teori kedaulatan Raja Dan Teori Kedaulatan Negara

brainly.co.id/tugas/3898493

Detail Jawaban

Kelas: SMA

Mapel: SBMPTN

Bab: –

Kode: –

#AyoBelajar

#SPJ2