Mengapa wesel dapat timbul.tolong bantu jawab ka ​

Posted on

Mengapa wesel dapat timbul.tolong bantu jawab ka ​

Jawaban:

Pedagang melakukan aktivitas jual belinya baik di dalam negeri maup;un di luar negeri. Alat pembayaran luar negeri disebut dengan devisa.Transaksi pembayaran perdagangan luar negeri dapat dilakukan dengan cara cash atau non tunai. Untuk cara non tunai dapat dilakukan dengan wesel.

Nah, wesel dapat timbul jika penerbit memerintahkan tanpa syarat kepada tersangkut untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada pemegang atau penggantinya, pada tanggal dan tempat tertentu.

Pengertian wesel yakni surat perintah yang dibuat oleh kreditur ditujukan kepada debitur untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu sebagaimana disebutkan dalam surat wesel tersebut.

Dasar hukum wesel yakni Pasal 100 sampai dengan Pasal 173 Kitab Undang-undang Hukum Dagang, yang menentukan syarat formal bagi suatu wesel. Di dalam KUH Dagang tidak ditemukan definisi wesel, tersirat dalam Pasal 100 KUH Dagang pada persyaratan formal wesel.

PEMBAHASAN LEBIH LANJUT:

Wesel merupakan surat perintah yang dibuat oleh kreditur ditujukan kepada debitur untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu sebagaimana disebutkan dalam surat wesel tersebut.

Piutang Wesel merupakan piutang atau tagihan yang timbul dari penjualan barang atau jasa secara kredit, yang disertai dengan janji tertulis.

Surat wesel menjadi lebih kuat kedudukannya apabila pihak yang berkewajiban membayar (pihak tertarik) diminta untuk memberikan tanda tangan persetujuan dalam surat wesel yang disebut “mengaksep“. Akseptasi atau tanda tangan tersebut tercantum pada bagian tepi atau di bagian bawah dari surat wesel.

Berdasarklan pemegang wesel atau promes, surat–surat berharga tersebut merupakan piutang dan dicatat dalam akun WESEL TAGIH atau PIUTANG WESEL.

Bagi pihak yang berkewajiban untuk membayar, wesel atau promes merupakan hutang dan dicatat dalam akun HUTANG WESEL atau HUTANG BAYAR.

Mudah-mudahan hal ini cukup menjawab. Apabila ingin mempelajari lebih dalam, kakak sarankan untuk mempelajari juga hal berikut ini:

– Surat wesel dapat menjadi surat berharga: brainly.co.id/tugas/8458100

– wesel bunga dan wesel tidak berbunga: brainly.co.id/tugas/806102

-wesel yang ditujukan kepada bank: brainly.co.id/tugas/8444887

Mata pelajaran: AKUNTANSI

Kelas: VII

Kategori: Cara dan alat pembayaran internasional

Kata kunci: wesel, timbul

Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP: 11.12.8