Berikut ini merupakan fungsi rangka bagi tubuh, kecuali…

Posted on

A. Sebagai alat gerak pasif

B. Tempat melekatnya otot

C. Sebagai alat gerak aktif

D. Melindungi organ vital tubuh​

Berikut ini merupakan fungsi rangka bagi tubuh, kecuali…

Jawaban Terkonfirmasi

Yang bukan merupakan fungsi rangka adalah sebagai alat gerak aktif (Jawaban C)

Penjelasan:

Soal tersebut merupakan soal Biologi yang membahas tentang fungsi rangka pada manusia. Rangka pada tubuh manusia merupakan rangkaian tulang pada manusia yang memiliki banyak fungsi.

Fungsi Rangka pada Manusia

Tempat Melekatnya Otot

  • Fungsi rangka yang pertama adalah rangka berfungsi sebagai tempat melekatnya otot pada tubuh manusia. Rangka dan otot merupakan bagian tubuh yang tidak terpisahkan. Rangka dan otot saling bekerjasama sehingga manusia dapat bergerak. Contoh gerakan yang dilakukan adalah menggerakkan lengan, kepala, dan kaki. Otot berfungsi sebagai alat gerak aktif dan rangka adalah alat gerak pasif pada tubuh. Tanpa adanya otot rangka tidak dapat bergerak.

Sebagai Pelindung Organ Vital Tubuh

  • Rangka pada tubuh manusia berupa susunan dari tulang yang sifatnya paling keras sehingga rangka dapat melindungi organ tubuh pada manusia. Rangka bertugas untuk melindungi organ tubuh yang sifatnya vital dan lunak. Contoh fungsi rangka sebagai pelindung organ vital adalah rangka dada melindungi paru-paru dan jantung, rangka pada tengkorak melindungi otak dan mata.

Memberikan Bentuk Tubuh

  • Rangka juga memiliki fungsi untuk memberikan bentuk tubuh manusia dan menegakkan tubuh manusia. Rangka sangat mempengaruhi postur tubuh manusia berkaitan dengan tinggi rendahnya postur tubuh manusia.  Bentuk tulang tengkorak juga sangat mempengaruhi bentuk pada wajah manusia.

Tempat Menghasilkan Sel Darah Merah

  • Beberapa komponen pembentuk sel darah merah berasal dari rangka pada tubuh manusia. Rangka juga berfungsi memberikan tempat untuk terjadinya proses pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Pembentukan sel darah merah dan sel darah putih tersebut biasanya terjadi pada tulang paha dan tulang pipa.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang sistem pernafasan manusia brainly.co.id/tugas/48060
  2. Materi tentang mendeskripsikan rangka tubuh manusia brainly.co.id/tugas/11206520
  3. Materi tentang jenis rangka pada manusia brainly.co.id/tugas/1743918

Detail jawaban :

Kelas : 9

Mapel : Biologi

Bab : Rangka dan Otot Manusia

Kode : 9.4.1

#TingkatkanPrestasimu