Peran umat Islam pada masa pascakemerdekaan

Posted on

Peran umat Islam pada masa pascakemerdekaan

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini peran umat islam pada masa pasca kemerdekaan:

  • Ikut berjuang melawan dan mengusir Tentara NICA (Netherland Indie Civil Administration) pasukan sekutu yang ingin merebut kemerdekaan Indonesia kembali. terjadi di beberapa daerah seperti di Pertempuran Surabaya para santri juga ikut serta berjihad mengusir tentara NICA.
  • Ikut membantu TNI dalam melawan pemberontakan PKI pada tanggal 18 September 1948 (yang dipimpin Muso dan Amir)
  • Jauh setelah pasca kemerdekaan, Umat islam juga ikut andil dalam kemajuan bangsa pada bidang Politik, seperti partai masyumi dan NU.
  • Pada pada masa kini umat islam juga ikut andil dalam perkembangan di bidang ekonomi seperti didirikannya Bank Muamalat
  • Ikut andil juga dalam memajukan bidang pendidikan di Indonesia seperti didirikannya universitas islam seperti UIN Sunan Kalijaga, UIN Syarif Hidayatullah dll, serta pondok pesantren modern yang ikut mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Pembahasan

Banyak sekali Peran Umat Islam ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, diantaranya adalah resolusi jihad pada pertempuran 10 November 1945 yang dikeluarkan oleh KH. Asyim Asyari supaya para santri yang berada di radius 94 KM dari Surabaya untuk ikut berjihad melawan tentara sekutu.

Kemudian juga pada tahun 1948 ikut bergabung dengan TNI menumpas pemberontakan PKI yang terjadi di Madiun dipimpin oleh Amir Sjarifudin dan Muso.

Serta jauh setelahnya Umat islam melalui organisasi kemasyarakatan juga ikut andil dalam pengembangan segala bidang di masyarakat, Politil , ekonomi, Sosial budya dan pendidikan.

Dengan demikian peran umat islam sangat banyak sekali pasca kemerdekaan mulai dari ikut angkat tangan mengusir penjajah yang ingin merebut kembali kemerdekaan sampai dengan pembangunan masyarakat diberbagai bidang seperti sosial budaya, politik, ekonomi dan pendidikan.

Pelajari lebh lanjut

  1. Materi tentang 5 cara mempertahankan kemerdekaan brainly.co.id/tugas/1092663
  2. Materi tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia brainly.co.id/tugas/28738656
  3. Materi tentang peristiwa mempertahankan kemerdekaan yang terjadi di Surabaya brainly.co.id/tugas/4835759

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Sejarah

Bab: Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Kode: –

#AyoBelajar