terdapat makanan Antara lain ikan goreng, avokad dan kentang rebus. tentukan zat gizi yang terdapat pada makanan tersebut dan fungsi nya​ bagi tubuh?​

Posted on

terdapat makanan Antara lain ikan goreng, avokad dan kentang rebus. tentukan zat gizi yang terdapat pada makanan tersebut dan fungsi nya​ bagi tubuh?​

Jawaban:

Ikan goreng mengandung protein hewani. Fungsi protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Bagaimana tidak, protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan perannya sangat penting, seperti membuat kita bisa bergerak dengan leluasa, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, membekukan darah saat kita terluka, melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia, dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya.

Buah alpukat mengandung Vitamin. Fungsi vitamin membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis (seperti penyakit jantung dan kanker) dan untuk memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.

Kentang rebus mengandung karbohidrat. Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh.

Penjelasan:

Makanan yang dikonsumi harus memenuhi tiga syarat. Ketiga syarat tersebut yakni : Zat pembangun (ditemukan pada protein dan mineral), sumber energi (karbohidrat, lemak dan protein), zat pengatur (protein, vitamin dan mineral).

  1. Karbohidrat, terdiri dari monoskarida (misalnya glukosa), disakarida (misalnya laktosa an maltosa) dan polisakarida (misalnya amilum, glikogen, selulosa). Karbohidrat berperan penting sebagai sumber energi utama, mempertahankan gerak usus, bahan untuk membentuk asam amino dan senyawa lain. Kelebihan karbohidrat memicu terjadinya obesitas.
  2. Protein, terdiri dari protein hewani dan nabati. Mengandung unsur C, H, O, N, S dan P, berperan sebagai pembentuk enzim, hormon, memproduksi energi, megendalikan kadar air dan ph, serta memproduksi antibodi. Orang yang menderita kekurangan protein dinamakan mengidap kwashiorkor. Ditandai dengan munculnya edema, lambatnya pertumbuhan serta terganggu gerak psikomotorik..
  3. Lemak, terdiri dari asam lemak jenuh dan tak jenuh. Merupakan sumber energi, pengendali suhu, proteksi, pengangkut vitamin A, D, E, K.
  4. Vitamin, tidak diproduksi oleh tubuh kecuali Vit K. Ada yang larut dalam air (Vit B dan C) serta larut dalam lemak (A, D, E, K). Orang yang kekurangan vitamin mengidap defisiensi atau avitaminosis.
  5. Mineral, terdiri dari makroelemen (Na, C, K, Mg, S) dan mikromineral (Mn, Cr dll). Berperan untuk mengendalikan ph.
  6. Air, sebagai pelarut vitamin, pengendali tekanan osmotik, media terjadinya reaksi kimia dan mengendalikan suhu.

Pelajari lebih lanjut

Sistem Pencernaan brainly.co.id/tugas/15791170

Sistem Pencernaan brainly.co.id/tugas/36537891

Sistem Pencernaan brainly.co.id/tugas/36537891

Detail jawaban  

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Maknan dan Sistem Pencernaan  

Kode: 11.6.1