Apa sifat fisika dan sifat kimia dan kegunaan dari boron ??

Posted on

Apa sifat fisika dan sifat kimia dan kegunaan dari boron ??

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut adalah sifat unsur boron:
Nama: boronNomor atom: 5Simbol: BMassa atom: 10,811 AmuJumlah proton dan elektron: 5Jumlah neutron: 6Titik didih: 2823,15 ºK (2550,0 ºC)Titik leleh: 2573,15 ºK (2300,0 ºC)Densitas (pada 293 ºK): 2,34 g/cm3Struktur kristal: rombohedral (atau trigonal)Konfigurasi elektron: 1s2 2s2 2p1 dan dalam bentuk gas mulia [He] 2s22p1fungsi Boron adalah bahan utama dalam pembuatan pengontrol hama, suplemen tanah, bahan kimia pertanian, dan pupuk.

Sifat Fisika
Boron merupakan unsur pertama dalam golongan IIIA yang tergolong metaloid, sedangkan unsur-unsur lainnya tergolong logam. Reaktivitas unsur-unsur golongan ini tidak ada kecenderungan. Potensial reduksi golongan IIIA negatif, ini menunjukkan bahwa unsur IIIA bersifat lebih logam dibanding hidrogen. Al3+ mempunyai potensial reduksi negatif yang paling besar di antara kation golongan IIIA. Oleh karena itu Al merupakan logam golongan IIIA yang paling aktif. 
Sifat Kimia
Boron adalah unsur yang tidak reaktif pada suhu biasa. Bila bereaksi, tidak ada kecenderungan dari atom unsur boron untuk kehilangan elektron-elektron terluar dan membentuk kation sederhana yaitu B3+.