Apa pengaruh gelombang laut terhadap perubahan rupa bumi

Posted on

Apa pengaruh gelombang laut terhadap perubahan rupa bumi

Jawaban Terkonfirmasi

Gelombang laut merupakan salah satu fenomena alam yang kerap kita temui. Menurut ilmu pengetahuan, gelombang laut dapat diartikan sebagai gerak naik turunnya permukaan air laut dengan arah tegak lurus. Gelombang laut juga terbilang unik karena pola pergerakannya mengikuti pola grafik sinusoidal. Adapun penyebab gelombang laut adalah arus angin.

Gelombang laut terjadi ketika energi yang terdapat di atas permukaan laut ditransfer oleh angin di atas lautan. Transfer energi ini menimbulkan riak-riak gelombang. Kemudian, secara perlahan akan tercipta alun/bukit, serta gelombang.

Meski terjadi di laut, nyatanya gelombang laut mampu memberikan pengaruh yang tidak terbatas pada daerah laut atau perairan saja, melainkan juga rupa bumi yang lain. Salah satu perubahan rupa bumi yang terjadi akibat adanya gelombang laut adalah abrasi.

Abrasi merupakan istilah yang merujuk pada terkikisnya permukaan bumi akibat gerakan arus laut atau gelombang. Gelombang yang secara terus menerus menghampiri permukaan pantai akan membawa serta material yang terdapat di permukaan tanah, pada saat gelombang kembali ke arah laut. Kamu mungkin pernah menyadari peristiwa ini ketika sedang bermain di pantai. Ombak laut yang datang menerpa pantai akan menghunjam pantai dengan keras. Namun, ketika ombak kembali ke laut, kamu merasakan efek seperti ditarik oleh air laut. Namun, berbeda halnya dengan manusia, permukaan bumi tidak bisa mempertahankan kedudukannya ketika dikikis oleh air laut, terutama apabila gelombang datang terus menerus untuk waktu yang lama.

Penggerusan bibir pantai akibat gelombang juga bukannya tidak membawa risiko. Jika tidak dihindari, penggerusan bibir pantai dapat menjadi sangat berisiko terutama bagi penduduk yang tinggal di permukaan pantai. Gelombang laut dapat mengikis struktur atau fondasi bangunan. Tak jarang bangunan-bangunan di pinggir pantai roboh karena terjadi pengikisan oleh gelombang laut.

Contoh lain yang bisa kamu pelajari tentang abrasi dapat kamu temukan pada halaman berikut:
brainly.co.id/tugas/9915092

Simpulan:
Pengaruh gelombang laut terhadap perubahan muka bumi salah satunya berupa abrasi yaitu pengikisan bibir pantai oleh arus laut.

Kelas: VII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Kategori: Mendeskripsikan sesuatu
Kata kunci: gelombang laut, arus laut, pantai, abrasi, pengikisan