Jelaskan tahap penyelidikan dlm ipa

Posted on

Jelaskan tahap penyelidikan dlm ipa

1. Pengamatan. Pengamatan terbagi dua yaitu; kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif dilakukan dengan menggunakan indra tanpa mengacu satuan yang bisa ditentukan dengan hitungan.

2. Pertanyaan. Masalah yang akan diajukan dengan berupa pertanyaan

3. Hipotesis. Hipotesis merupakan dugaan sementara yang masih membutuhkan pengujian. Hipotesis memiliki variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat tidak sama peneltiti. Variabel terikat adalah variabel yang terjadi akibat perlakukan variabel bebas. Misalnya senter menyala akibat dari baterai. berarti penggantian baterai baru dan menggunakan baterai lama untuk percobaan sebagai variabel bebas. variabel terikat yang tidak mengalami penggantian misalnya kabel, lampu, dan lain-lain,

4. Prediksi. Prediksi merupakan pernyataan yang dapat diuji dalam eksperimen. Prediksi didasarkan pada pengamatan yang cermat dan inferensi tentang hubungan antara beberapa kejadian yang diamati. Inferensi adalah penjelasan atau interprestasi berdasarkan hasil pengamatan. Terkadang kita salah dalam menentukan prediksi dengan hipoteis yang sebenarnya memilik perbedaan dalam penelitian, yaitu hipotesis berdasarkan pada benda yang kita amati, bukanlah langsung ke hasil atau cara untuk mendapatkan kesimpulan, seperti baterai mempengaruhi menyalanya senter berarti diperlukan 2 baterai, yaitu baterai sebelumnya dan yang baru untuk membuktikannya. sedangkan prediksi mengarahkan pada hasil atau kesimpulan sementara. jika penggantian baterai maka senter akan menyala.

5. Eksperimen. Suatu prediksi dapat diuji dengan eksperimen. Eksperimen dilakukan dalam suatu lingkungan yang dikontrol dengan baik. Selanjutnya, akan diperoleh sekumpulan data hasil eksperimen yang kemudian diolah dan dipahami sehingga membentuk suatu kesimpulan.

Maaf kalau salah…