Teks persuasi bertema lingkungan beserta strukturnya

Posted on

Teks persuasi bertema lingkungan beserta strukturnya

Mewujudkan Sekolah yang Bersih, Asri, dan Bebas Sampah

Lingkungan sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar adalah lingkungan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah. Selain nyaman untuk belajar, sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah pastinya tidak akan menjadi sarang kuman yang menyebabkan penyakit.

Sampai saat ini di SMPN 1 sendiri, kesadaran para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah masih kurang. Tak sedikit siswa yang belum tertib untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal, sekolah sudah menyediakan tempat sampah.

Upaya yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah yakni bisa kita lakukan dengan banyak cara. Cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengadakan piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah pada tempatnya. Saat membuang sampah hendaknya sesuaikan pada jenis sampahnya, yakni sampah plastik, sampah daun, dan sampah kertas.

Piket kelas dan kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekolah yang kotor. Kegiatan yang dilakukan pada saat piket kelas yakni membersihakan ruang kelas sedangkan pada saat kegiatan kerja bakti hal yang dilakukan yakni membersihakan seluruh lingkungan sekolah baik ruang kelas, taman sekolah, maupun halaman sekolah. Selain membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah, kita bisa melakukan penanaman tanaman baik tanaman hias maupun tanaman obat untuk menghijaukan sekolah.

Pemilahan sampah dapat kita lakukan dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali sampah. Contohnya, kita dapat membuat pupuk kompos dari sampah dedaunan dengan dekomposer dan kita dapat membuat kerajinan tangan seperti pot tanaman ataupun hiasan-hiasan dari sampah plastik yang masih bisa digunakan. Dari kegiatan tersebut, kita sudah melakukan 3R. 3R sendiri berarti Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (daur ulang). Satu lagi upaya yang harus kita upayakan yakni Reduce (mengurangi), kurangilah penggunaan plastik saat membeli makanan atau minuman di kantin.

Oleh karena itu, lakukanlah piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah dengan tertib. Dari hal-hal yang kita lakukan ini, maka kita dapat mewujudkan sekolah yang bersih, asri dan bebas sampah. Selain itu, kesadaran serta kerja sama warga sekolah sangat menentukan terwujudnya sekolah yang kita inginkan tadi. Maka, mari kita tumbuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah sejak saat ini.

Struktur teks persuasi

Lingkungan sehat

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah.

Jika lingkungan bebas dari sampah maka akan terbebas dari penyakit

Lingkungan sehat juga lingkungan yang hijau banyak pepohonan yang dapat menyerap polusi sehingga udara menjadi segar dan sejuk

Semua penduduk disediakan 1 tong sampah pada 1 rumah agar membuang sampah pada tempatnya dan banyak menanam pohon sehingga lingkungan bersih dan sehat