Menjelaskan tentang protista mirip tumbuhan

Posted on

Menjelaskan tentang protista mirip tumbuhan

A. Ganggang Hijau (Chlorophyta)

Ganggang jenis ini sering di temukan pada tempat yang lembab dan di air tawar. Ganggang ini berwarna hijau karena mengandung pigmen hijau (klorofil) a,b, b- karoten dan xantofil.

Cara berkembangbiak ganggang hijau adalah dengan vegetatif dan generatif.
 Adapun contoh ganggang hijau adalah Chlorococcum, Chlorella, Spirogyra, dan Ulva.
b. Chrysophyta (Ganggang Keemasan)
Ganggang keemasan biasanya hidup ti air tawar, di tempat basah dan di dalam laut. Ciri selnya ada yang uniseluler dan adapula yang multiseluler dan memiliki bentuk yang bermacam – macam. Chrysophyta memiliki warna keemasan karena memiliki pigmen klorofil a, xantofil, karoten dan klorofil C.
Ganggang Chrysophyta yang bersifat uniseluler berperan sebagai fitoplankton di dalam air
c. Ganggang Cokelat (Phaeophyta)
Bila diamati secara seksama Ganggang cokelat mudah dilihat karena bentuknya yang mirip dengan tumbuhan tingkat tinggi dan dapat tumbuh hingga beberapa meter.
Warna cokelat pada ganggang ini disebabkan karena pigmen yang dimilikinya yaitu fukosantin, adapun pigmen lain yang dimilikinya adalah klorofil C, Klorofil A, beta karotin, diadinoxantin, fucus, turbinaria, Macrocystis dan violaxantin.
 d. Ganggang merah (Rhodophyta)
Bila anda sering melihat rumput laut maka anda sedang melihat ganggang merah jenis Rhodophyta Ganggang jenis ini hidup di air laut dan memiliki tubuh seperti rumput. Warna talusnya bermacam – macam ada yang merah, ungu, pirang dan kemerah – merahan.
Contoh ganggang merah yang mudah ditemukan adalah Euchema spinosum, Gelidium , Scinaiafurcellata, Gracilaria, Batrachospermum.