Sebutkan 3 manfaat sel membelah didalam tubuh

Posted on

Sebutkan 3 manfaat sel membelah didalam tubuh

Jawaban:

Sebagai intisel tentu saja ada fungsi nukleus yang dimiliki. Fungsi nukleus ini pun bermacam-macam, akan tetapi yang utama dari fungsi nukleus ialah untuk menjaga integritas gen-gen yang ada dan juga mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Jawaban:

  • Reproduksi  

Ini adalah tujuan yang penting sih buat menjaga kelestarian makhluk hidup. Jadi sel-sel yang berkaitan dengan sistem reproduksi akan mengalami pembelahan secara meiosis untuk makhluk hidup yang berkembang biak secara seksual dan mitosis untuk yang aseksual.  

Pada manusia nih, kan kalau di cowok ada sperma sedangkan pada cewek ada sel telur. Nah kan sifat yang diwariskan pada meiosis tuh hanya setengah dari sel induknya saja kan. Terus waktu bertemu dengan sel lain gimana dong? Kalau kalian ingin tahu banget sama itu, bisa baca penjelasan pewarisan sifat yang pernah dipublikasikan Zenius Blog tempo hari yak.  

  • Pertumbuhan dan perkembangan  

Inget, tumbuh dan berkembang tuh beda ya gaess. Sel yang tumbuh berarti dia membelah diri untuk jadi lebih banyak. Sedangkan berkembang berarti sel tersebut yang sebelumnya bertugas apa mengalami perkembangan ke tugas yang lain misalnya sel yang bertransformasi menjadi sel neuron dan sel epitel.  

  • Perbaikan dan regenerasi

Di saat kita tertidur lelap pada malam hari, sel-sel yang ada dalam tubuh sibuk memperbaiki diri dan beregenerasi lho. Itulah mengapa kita enggak disarankan buat begadang. Soalnya kalau begadang tuh bisa membuat regenerasi sel ditunda,  

Nah begitulah siklus yang dialami sel di dalam tubuh kita dan makhluk-makhluk hidup lain. Binatang, tanaman, manusia, semuanya mengalaminya. Hanya saja mungkin memang sukar untuk disaksikan karena ukuran sel yang sebegitu mungilnya sehingga sulit untuk dilihat menggunakan mata telanjang.

Penjelasan: