Bagaimanakah wilayah flora jawa-bali

Posted on

Bagaimanakah wilayah flora jawa-bali

Jawaban Terkonfirmasi

Wilayah flora Jawa-Bali yaitu tersebar di Pulau Jawa, Madura, Bali, dan kepulauan kepulauan kecil disekitarnya (Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa). tumbuhan khas yang berada di sekitar wilayah Jawa Bali adalah pohon kepel.

Penjelasan

Hallo teman-teman BrainlyLovers!!!

Pada kali ini mari kita bersamasama belajar geografi lebih dalam lagi mengenai persebaran flora di Indonesia, yukk Adik adik langsung lihat pembahasan di bawah ini yaa

Wilayah flora di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1.Wilayah Flora Sumatra-Kalimantan

Tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan, tumbuhan khas yang berada di wilayah Sumatera dan Kalimantan adalah bunga bangkai.

2.Wilayah Flora Jawa-Bali

Tersebar di Pulau Jawa, Madura, Bali, dan kepulauan kepulauan kecil di sekitarnya (Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa) contohnya pohon burohal (kepel).

3.Wilayah Flora Kepulauan Wallace  

Tersebar di pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Contohnya: pohon sagu.

4.Wilayah Flora di Papua

Meliputi wilayah Pulau Papua dan pulau pulau kecil diantaranya. Contohnya: eucalyptus, sama dengan jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah Queensland Australia Utara.

Wilayah persebaran fauna di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

A.Indonesia Bagian Barat

Persebaran hewan di Indonesia bagian barat meliputi wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, serta pulau – pulau kecil lainnya. Fauna yang berada di Indonesia bagian barat yaitu hewan mamalia seperti gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, macan, tikus, kijang, kelelawar, landak, serta harimau yang tersebar di daerah Sumatera dan Kalimantan. Fauna yang termasuk hewan reptil yaitu buaya, kura – kura, kadal, ular, biawak, dan bunglon. Sebangsa burung terdiri dari burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, serta macam unggas.  

B.Indonesia Bagian Tengah

Persebaran hewan di Indonesia bagian tengah meliputi Pulau Sulawesi dan kepulauan di sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Jenis fauna diantara lain mamalia yang terdiri dari anoa, ikan duyung, kuskus, tarsius, kuda, dan sapi. Jenis reptil yaitu buaya, komodo, dan biawak. Amfibi terdiri dari katak pohon, katak terbang, dan katak air.  

C.Indonesia Bagian Timur

Persebaran hewan di Indonesia bagian timur meliputi wilayah Papua dan pulau – pulau di sekitarnya. Fauna di daerah ini antara lain mamalia yang berkantong seperti kanguru dan kuskus yang juga terdapat di Australia. Hewan reptil terdiri dari biawak, buaya, ular, kadal, dan kura – kura. Amfibi terdiri dari katak pohon, katak terbang, dan katak air. Sebangsa burung yang memiliki bulu yang indah seperti nuri, raja udang, cenderawasih, kausari, dan namundur.

Mungkin sedikit yang saya jelaskan, semoga membantu adik adik semua untuk belajar yaa

Pelajari Lebih Lanjut:

Adik-adik semua masih kepingin belajar materi geografi kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar dan semoga membantu ya  

1.Kajian tentang batas wilayah Indonesia secara astronomis,cek link berikut ini ya brainly.co.id/tugas/6601281

2.Kajian tentang bentang alam di pulau sumatera,cek link berikut ini ya brainly.co.id/tugas/6601281

3.Kajian tentang perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif,cek link berikut ini ya brainly.co.id/tugas/464790

Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab : Bab 3 – Potensi Sumber Daya Alam

Kode : 7.10.2003

Kata Kunci: persebaran flora dan fauna di Indonesia, persebaran flora di Indonesia, wilayah flora di Indonesia

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban