Bagimana cara memindahkan larutan dari gelas kimia yang satu ke gelas kimia yabg lainnya?

Posted on

Bagimana cara memindahkan larutan dari gelas kimia yang satu ke gelas kimia yabg lainnya?

Caranya sangat simple : tinggal tuangkan saja larutan dari gelas kimia ke gelas lainnya

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menuangkan zat cair:

1.      Buka tutup botol reagen.

2.      Tuangkan larutan ke dalam gelas kimia terlebih dahulu. Jangan langsung ke gelas ukur. Pegang bagian label botol untuk mencegah kerusakan label karena tetesan zat cair.

3.      Pastikan untuk memiringkan gelas kimia dan mulai mengalirkan cairan dari dalam wadah secara perlahan. Hindarkan timbulnya percikan dan cairan yang meluap saat menuangkan larutan.

4.      Begitu pula ketika menuangkan cairan dari gelas kimia ke dalam silinder ukur. Miringkan silinder ukur dan mulailah menuangkan larutan secara perlahan.

5.      Selain dengan cara tersebut kita juga bisa menggunakan bantuan batang pengaduk. Cairan dialirkan lewat batang pengaduk untuk mencegah terjadinya percikan. Cara ketiga adalah dengan menggunakan bantuan corong gelas. Pastikan ujung corong bersentuhan dengan dinding wadah untuk meghindarkan terjadinya percikan. Jika diperlukan, potongan kertas saring kecil dapat ditambahkan untuk menyumbat lubang di saluran corong gelas agar arus air tidak terlalu deras.

6.      Perhatian: percikan yang ditimbulkan saat menuangkan zat cair dapat membahayakan praktikan, memungkinkan terjadinya reaksi dengan udara dan mengganggu pengukuran karena gelembung yang dihasilkan