Apa cirihas bugis dan melayu​

Posted on

Apa cirihas bugis dan melayu​

Jawaban:

Suku bugis memang dikenal sangat menghindari (anti) dengan tindakan yang mengakibatkan turunnya harga diri seseorang. Seperti ketika ada anggota keluarga melakukan tindakan yang membikin malu keluarganya, maka ia tak segan bakalan diusir atau dibunuh.
Namun, semakin berkembangnya zaman, adat ini sudah luntur. Ya logis aja, mana ada keluarga yang tega membunuh anggota keluarganya hanya dikarenakan tak mau menanggung malu dan tentunya melanggar hukum negara juga.
Namun, adat malu masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Bugis secara umumnya. Walaupun tidak seketat di zaman dahulu, tapi masih diingat dan dipatuhi. Itulah loyalitas mereka terhadap salah dan benar.

Ciri khas dari musik melayu adalah liriknya yang mengandung syair dan memiliki pesan moral tertentu. Musik melayu ini awalnya banyak berkembang dipesisir sumatera dan semenanjung melayu.

Secara umum, suku melayu dikenal sebagai orang yang mimiliki sopan santun serta ramah terhadap semua orang. Sikap tersebut telah menjadi adat istiadat dari suku melayu sejak lama. Adat istiadat yang ada pada suku melayu dibagi menjadi tiga yakni adat sebenaar adat (adat yang tidak bisa dirubah karena ketentuan agama), adat yang diadatkan (adat yang dibuat oleh penguasa), serta adat teradat. Adat teradat merupakan konsensus yang ditentukan bersama sebagai pedoman dalam setiap lini kehidupan masyarakat dan penentuan sikap dalam menghadapi sebuah peristiwa dan masalah di lingkungan.