Gagasan utama

Posted on

Dalam perkembangannya, kata Edi, kemudian tim kreatif menyusun Paket Wisata Edukasi yang ditawarkan kepada pengunjung. Adapun paket wisata ini meliputi adventure dan wisata alam terdiri trabas, tracking sobo wono, jajah desa dan lainnya. Kemudian, paket edukasi dan home industry yang bisa mengunjung pembuatan marning, kerupuk kenthir, jamur tiram dan jamu.

Gagasan utama

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Menentukan Gagasan Utama dalam Paragraf

Apa itu gagasan utama?

Gagasan utama bisa juga disebut dengan gagasan pokok, ide utama, maupun ide pokok, adalah sebuah hal yang mendasari atau menjadi inti dari sebuah paragraf. Gagasan utama bersifat deduktif; dimana kalimat utamanya berada di awal paragraf, ineratif; dimana kalimat utamanya berada di tengah paragraf, induktif; dimana kalimat utamanya berada di akhir paragraf, dan campuran; dimana kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf.

Dalam perkembangannya, kata Edi, kemudian tim kreatif menyusun paket wisata edukasi yang ditawarkan kepada pengunjung. Adapun paket wisata ini meliputi adventure dan wisata alam terdiri trabas, tracking Sobowono, jajah desa dan lainnya. Kemudian, paket edukasi dan home industry yang bisa mengunjung pembuatan marning, kerupuk kenthir, jamur tiram dan jamu.

Gagasan utama teks tersebut adalah paket wisata edukasi. Ditunjukkan oleh kalimat dalam perkembangannya, kata Edi, kemudian tim kreatif menyusun Paket Wisata Edukasi yang ditawarkan kepada pengunjung. Teks tersebut merupakan teks deduktif.