Panglima perang yang memimpin ekspedisi militer ke Mesir untuk membantu Dinasti Fatimiyah menyelesaikan pemberontakan adalah…

Posted on

a.Salahuddin Al-Ayyubi

b.Imanuddin Zanki

c.Nuruddin Zanki

d.Assaduddin Syirkuh

Bantu kak…

Panglima perang yang memimpin ekspedisi militer ke Mesir untuk membantu Dinasti Fatimiyah menyelesaikan pemberontakan adalah…

Jawaban Terkonfirmasi

Panglima yang mana memimpin ekspedisi militer ke Mesir untuk membantu dinasti Fatimiyah menyelesaikan pemberontakan adalah a. Salahuddin Al-Ayyubi. Pilihan selain a menjadi salah dikarenakan pada pilihan b dan c berupa pemimpin dinasti Zankiyah yang hanya mempertahankan daerah Mesir dari pasukan Salib sedangkan pilihan d menjadi pesuruh melawan pasukan Salib, setelah itulah Salahudin Al-Ayyubi menjadi pemimpin yang menyelesaikan berbagai pemberontakan di Mesir Dinasti Fatimiyah yang juga menjadi awal mula munculnya kerajaan Ayyubiyah dari Salahuddin Al-Ayyubi.

Pembahasan

Salahuddin Al-Ayyubi adalah seorang jenderal perang yang mana berjuang untuk Islam dari Tikrit untuk daerah Mesir hingga bisa menguasai daerah utara Irak sekarangnya. Berikut beberapa hal tentang Salahuddin Al-Ayyubi:

  1. Pernah menjadi pasukan membantu dinasti Fatimiyah melawan tentara Salib. Ini bukan termasuk pemberontakan secara jelas dari masyarakat Mesir itu sendiri namun peperangan untuk menguasai Mesir oleh tentara salib, pada awalnya Salahuddin hanya seseorang pelajar dari Tikrit namun dilanjutkan mempelajari berbagai politik, teknik peperangan dalam jangka lama. Maka dari itu menjadi peranan penting perang membantu dinasti Fatimiyah dalam jangka panjang melawan tentara salib.
  2. Menjadi perdana menteri Mesir. Pada kepemimpinan oleh Salahuddin memiliki peranan penting mempertahankan wilayah Mesir dari seserangan kerajaan Latin di Yerusalem. Pada hal tersebut Salahuddin mulai memperbaiki ekonomi hingga kekuasaan kekuatan militer sehingga berdampak banyak kemajuan di bagian Mesir. Setelah itu berlanjut kepemimpinannya untuk menghasilkan sebuah kerajaan yang relatif maju.
  3. Mendirikan dinasti Ayyubiyah. Dinasti ini didirikan langsung oleh Al-Ayyubi sehingga memiliki peranan penting untuk memurnikan Islam dalam jangka panjang. Dari hal tersebut dinasti Fatimiyah menjadi lemah sehingga bisa digantikan oleh dinasti Ayyubiyah dalam jangka panjang. Maka dari hal tersebut menjadi cikal bakal penting dari dinasti Ayyubiyah yang mampu menggantikan dinasti sebelumnya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang sifat kepribadian Salahuddin brainly.co.id/tugas/16026475?referrer=searchResults
  2. Materi tentang kisah hidup kecil dari Salahuddin brainly.co.id/tugas/6054505?referrer=searchResults
  3. Materi tentang kelahiran dari Salahuddin brainly.co.id/tugas/5562361?referrer=searchResults

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Agama

Bab: Bab 5 – Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali

Kode: 11.14.5

#AyoBelajar #SPJ2