Mengapa alur laut kepulauan indonesia berperan penting dalam pelayaran dunia?

Posted on

Mengapa alur laut kepulauan indonesia berperan penting dalam pelayaran dunia?

Jawaban Terkonfirmasi

Alur laut kepulauan Indonesia berperan penting dalam pelayaran dunia

Jawaban

Pendahuluan

Indonesia mempunyai letak yang sangat menguntungkan. Letak geografis indonesia sangat strategis hak ini karena Indonesia terletak di posisi silang di antara Benua Asia dan Australia, membuat Indonesia dilalui oleh lintasan internasional baik laut dan udara. Indonesia terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra yaitu benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Pembahasan

Alur laut kepulauan Indonesia berperan penting bagi dunia, karena alur laut Indoneia menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia. Hal itu sangat menguntungkan bagi Indonesia, diantaranya adalah:

a.  Indonesia memiliki banyak mitra kerjasama karena terletak di antara negara-negara maju dan berkembang. Serta lalu lintas perdagangan dan pelayaran yang ramai.

b. Karena dilalui dua samudra dan dua benua membuat Indonesia dilalui oleh lintasan internasional baik laut dan udara, Indonesia berpotensi sebagai negara dengan ekonomi besar.

c. Indonesia banyak menjalin kerja sama dengan negara-negara tetangga, baik bekerja sama di bidang ekonomi, sosial dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Arus laut kepulauan Indonesia sangat berperan penting dalam pelayaran dunia karena Indonesia berada di posisi silang, yaitu berada diantara dua benua dan dua Samudra yang menjadikan arus laut kepulauan Indonesia menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia dan mempunyai banyak manfaat bagi negara Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

1. Kerugian alur laut kepulauan Indonesia brainly.co.id/tugas/11542926

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas:  7 SMP

Mapel:  Geografi

Kategori: 7.8.2 Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia

Kata kunci:  Alur laut kepulauan Indonesia, manfaat alur laut kepulauan Indonesia.

Karena alur ini merupakan alur untuk pelayaran dan penerbangan yang dapat dimanfaatkan oleh kapal atau pesawat udara asing, diatas laut tersebut untuk pelayaran dan penerbangan damai dengan normal.