Jelaskan pengertian Filum Acrasiomycota/Jamur Lendir Seluler!

Posted on

Jelaskan pengertian Filum Acrasiomycota/Jamur Lendir Seluler!

Jawaban:

Pengertian Acrasiomycota (Jamur Lendir Bersekat)

Acrasiomycota merupakan jamur lendir seluler yang hidup bebas dan amoeboid (berbentuk menyerupai amoeba), namun plasmodiumnya tidak multinukleat. Acrasiomycota disebut jugajamur lendir bersekat. Mereka dapat dijumpai di berbagai tempat di dalam tanah yang banyak mengandung bahan organik, memakan bakteri dan zat-zat organik. Tubuh buah Acrasiomycetes disebut sorokarp yaitu tubuh buah yang sering ditemukan bercabang-cabang dan tiap ujung cabang membentuk kelompok-kelompok spora.

Spora Acrasiomycota berbentuk seperti bola atau telur dengan dinding sel tipis yang mengandung selulosa. Pada beberapa spesies yang lain, spora yang dihasilkan tidak mengandung dinding sel yang disebut pseudospora. Spora akan berkecambah membentuk miksamuba yang kemudian tumbuh menjadi plasmodium. Contoh jamur lendir seluler adalah Acrasis, Sappina, Polysphodylium, dan Dictyostelium discoideum.

Jamur Lendir Acrasiomycota merupakan setiap organisme dari berbagai filum primitif Acrasiomycota, terutama dari genus Dictyostelium, yang tumbuh pada kotoran dan vegetasi yang membusuk dan memiliki siklus hidup yang ditandai dengan lendir seperti tahap amoeboid dan tahap reproduksi multiseluler.

Jamur lendir seluler dari filum Acrasiomycota ada sekitar 65 spesies yang dikenal. Ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka sebagai sel amoeboid terpisah; Namun, ketika pelepasan sinyal kimia, sel-sel individual agregat menjadi sekawanan besar. Sampai dengan 125.000 sel-sel individual agregat dan mengalir bersama-sama, membentuk massa multiseluler disebut pseudoplasmodium yang menyerupai siput dan merangkak, menelan makanan dengan cara yang sama seperti jamur lendir plasmodial, sebelum menetap di lingkungan yang sesuai.

Penjelasan: