Buat masing masing 5 soal essay dan jawabannya tentang hakikat perlindungan dan penegakan hukum

Posted on

Buat masing masing 5 soal essay dan jawabannya tentang hakikat perlindungan dan penegakan hukum

Jawaban:

Lima soal essay :

1. Kemukakan yang anda ketahui tentang hukum pidana.

Jawaban: Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.

2. Analisislah tujuan hukum Nasional Indonesia!

Jawaban: Tujuan hukum nasional indonesia adalah untuk mengatur secara pasti hak-hak dan kewajiban lembaga tinggi negara beserta seluruh pejabat negara dan warga negara supaya semuanya dapat melaksanakan tindakan-tindakan demi terwujudnya tujuan nasional bangsa indonesia yaitu terciptanya masyarakat yang adil,makmur,dan sejahtera.

3. sebutkan dan jelaskan Macam-macam hukum berdasarkan fungsinya.

Jawaban:

1. hukum material adalah hukum yang memuat peraturan-peraturan yang mengatur kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan berwujud perintah-perintah dan larangan-laranagn. Contoh Hukum Material adalah Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Dagang, dan lain-lain.

2. hukum formal (Hukum Proses atau Hukum Acara) adalah hukum yang memuat peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana cara-cara melaksanakan dan mempertahankan hukum material atau peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana cara-caranya mengajukan sesuatu perkara ke muka pengadilan dan bagaimana cara-cara Hakim memberi putusan.

4. Tunjukan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman dilingkungan peradilan tata usaha negara.

Jawaban:  Peradilan Tata Usaha Negara adalah lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung yang melaksanakan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan terhadap sengketa Tata Usaha Negara. Sengketa Tata Usaha Negara adalah sengketa yang timbul dalam bidang Tata Usaha Negara antara orang atau badan hukum perdata dengan Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara, baik di pusat maupun di daerah, sebagai akibat dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara, termasuk sengketa kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Analisislah disertai contoh mengenai pengadilan khusus.

Jawaban: Pegadilan yang mempunyai kewenangan untuk memeriksa, mengadili, dan memutuskan perkara tertentu yang hanya dapat di bentuk dalam salah satu lingkungan badan peradilan yang berada di bawah MA yang diatur dalam Undang – undang.

Contohnya adalah Mahkamah Agung.