Jelaskan hal yang mendasari lagirnya semboyan bhineka tunggal ika tan hana dharma mangrwa pada masa kerajaan majapahit

Posted on

Jelaskan hal yang mendasari lagirnya semboyan bhineka tunggal ika tan hana dharma mangrwa pada masa kerajaan majapahit

Jawaban Terkonfirmasi

Jelaskan hal yang mendasari lahirnya semboyan bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa pada masa Kerajaan Majapahit, Lahirnya semboyan Bhinneka Tunggal Ika pada Kerajaan Majapahit didasari adanya keberagaman pada Kerajaan Majapahit. Kehidupan masyarakat pada kerajaan Majapahit terdiri dari berbagai macam agama dan kelompok.

Bhineka Tunggal Ika sendiri merupakan karya dari Mpu Tantular dalam kitabnya, kita Sutasoma. Pada kerajaan Majapahit, mayoritas adalah beragama Hindu, sedangkan Mpu Tantular sendiri adalah penganut Budha. Selain itu pada kerajaan Majapahit juga terdiri dari masyarakat yang menganut agama Islam, ada juga para masyarakat pribumi yang masih menganut agama kepercayaan dengan cara menyembah roh leluhur mereka. Selain itu juga ada masyarakat pendatang yang berasal dari Cina pada kerajaan Majapahit.

Dengan demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika sudah berhasil diterapkan pada kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit sendiri merupakan salah satu kerajaan terbesar, Kerajaan Majapahit juga berhasil mempersatukan nusantara.

Demikian pembahasan mengenai sejarah semboyan dari Bhinneka Tunggal Ika pada kerajaan Majapahit yang kemudian semboyan tersebut dipakai oleh negara Indonesia sebagai semboyan negara. Untuk membaca materi lainnya mengenai kerajaan Majapahit dapat dibaca pada link berikut 

Profil Kerajaan Majapahit brainly.co.id/tugas/9975467
Kemunduran Kerajaan Majapahit brainly.co.id/tugas/9975467

Detil tambahan 
Kelas : 2 SMP
Materi : Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Kata kunci : Semboyan Bhinneka Tunggal Ika