Quiz…..

Posted on

1.sebutkan dan jelaskan struktur teks ulasan!…

1.identitas (judul,pengarang,penerbit)
2
3
4
5
6
klo benar saya jadikan jawaban terbaik!
selamat mengerjakan #^_^​

Quiz…..

Jawaban:

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika kita mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Struktur Teks Ulasan:

1.) Identitas adalah bagian teks ulasan yang berisi identitas karya yang diulas. Dalam karya tulis, identitas meliputi judul buku, pengarang, penerbit,tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Sedang karya film atau drama bagian identitas berisi judul, penulis, dan sutradara, dan sebagiannya.

2.) Orientasi

Bagian ini berisi penjelasan atau gambaran umum sebuah karya yang diulas dan memberikan penjelasan mengenai apa yang akan diulas.

3.) Sinopsis

Berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap karya yang diulas.

4.) Analisis

Bagian ini berisi paparan tentang keberadaan unsur-unsur karya yang diulas.

5.) Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian yang berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran secara cukup terhadap hasil kaya tersebut. Pada bagian evaluasi ini pengulas akan menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut ataupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.

6.) Rekomendasi

Berisi pendapat atau saran pengulas terhadap karya yang diulas yang ditunjukkan kepada calon penikmat karya yang diulas.

Penjelasan:

Semoga membantu, maaf kalau salah. Terimakasih!!