kemerdekaan indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 agustus 1945 di jalan kebangsaan timur nomor 56 berarti juga secara resmi telah lahir?

Posted on

kemerdekaan indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 agustus 1945 di jalan kebangsaan timur nomor 56 berarti juga secara resmi telah lahir?

Jawaban Terkonfirmasi

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur NO.56 juga menjadikan secara resmi telah lahirnya Republik Indonesia.

Akan tetapi, sebagai sebuah negara, Republik Indonesia yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945 pada waktu itu hanya menjadikan Republik Indonesia yang merdeka dari pengakuan secara de facto. Sebaiknya, untuk sebuah negara memiliki dua jenis pengakuan yaitu de facto dan de jure.

Berikut adalah pengertian secara de facto dan de jure: 

De facto adalah sebuah pernyataan kemerdekaan yang dilakukan secara sepihak. Karena, Republik Indonesia pada waktu itu telah memenuhi syarat dalam pembentukan sebuah negara. Yaitu telah memiliki wilayah, memiliki rakyat, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat

Tetapi, ada satu pengakuan yang belum dimiliki oleh Indonesia, yaitu pengakuan berdasarkan de jure.

De jure adalah pernyataan kemerdekaan yang didasari dari pengakuan atas negara lain karena telah mengikuti standar internasional yang telah dibuat. Jadi Republik Indonesia.

Kesimpulan:
Republik Indonesia telah lahir secara de facto ketika melakukan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tetapi, Indonesia masih belum diakui secara hukum internasional bahwa Republik Indonesia telah lahir.

Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan membuka:
 Alasan ketika awal proklamasi Republik Indonesia belum sempurna menjadi sebuah negara brainly.co.id/tugas/15736329
– Penulis naskah proklamasi brainly.co.id/tugas/9777767?source=aid18740837

Kelas           : IX (9 SMP)
Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kategori      : Kemerdekaan Indonesia
Kata Kunci  : Proklamasi, Kemerdekaan, Republik Indonesia, De Facto, De Jure
Kode            : 20