Pada saat indonesia merdeka tahun 1945 panjang laut teritorial indonesia hanya 3 mil diukur dari garis pantai setiap pulau.dampak dari posisi tersebut adalah

Posted on

Pada saat indonesia merdeka tahun 1945 panjang laut teritorial indonesia hanya 3 mil diukur dari garis pantai setiap pulau.dampak dari posisi tersebut adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Pada saat indonesia merdeka tahun 1945 panjang laut teritorial indonesia hanya 3 mil diukur dari garis pantai setiap pulau. Dampak dari posisi tersebut adalah … pulau-pulau Indonesia terpisah satu sama lain oleh lautan.

Pembahasan:  

Deklarasi Juanda adalah Deklarasi yang menyatakan bahwa seluruh wilayah perairan dalam di antara wilayah pulau-pulau Indonesia menjadi wilayah kedaulatan Indonesia. Deklarasi ini dumumkan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja.

Pada saat sebelum Deklarasi Juanda diumumkan, wilayah perairan Indonesia sangat terbatas, hanya sejauh 3 mil laut dari garis pantai. Wilayah ini adalah sejauh jangkauan tembakan meriam (cannon shot) dari pantai di masa itu, dan merupakan batas jangkauan dimana suatu negara dapat secara efektif mempertahan kedaulatanya pada waktu itu.  

Wilayah perairan diluar garis 3 mil laut ini dianggap laut bebas dan di luar wilayah kedaulatan Indonesia. Akibat keterbatasan ini, wilayah pulau-pulau Indonesia menjadi terpisah-pisah oleh laut, selat dan teluk diantaranya.

Misalnya, pulau Kalimantan dan Jawa terpisah oleh laut Jawa. Wilayah Laut Jawa yang berada lebih dari 3 mil laut di luar garis pantai pulau Kalimantan dan Jawa dianggap laut lepas. Sehingga, pulau Jawa dan Kalimantan dipisahkan oleh laut lepas yang bukan wilayah Indonesia saat itu. Kapal asing bisa lewat, menangkap ikan dan melakukan pemindahan muatan di wilayah ini tanpa ada wewenang apapun dari Indonesia.

Setelah deklarasi Juanda diumumkan, laut ini menjadi wilayah teritorial atau wilayah kedaulatan Indonesia. Indonesia memiliki kekuasaan untuk mengelola wilayah ini dan membatasi tindakan kapal negara asing di sini. Wilayah ini menjadi tanggung jawab keamanan Indonesia.

Wilayah teritorial Indonesia juga meningkat, 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km².

Pelajari lebih lanjut kewenangan yang dimiliki oleh negara indonesia atas wilayah laut teritorial di: brainly.co.id/tugas/1147721

Pelajari lebih lanjut perbedaan Zona Laut Teritorial, Zona Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Dan Zona Eksklusif di: brainly.co.id/tugas/6605302

Pelajari lebih lanjut batas wilayah laut Indonesia menurut Deklarasi Djuanda di: brainly.co.id/tugas/286857

——————————————————————–—————

Detail Jawaban          

Kode:  11.8.1

Kelas: XI

Mata pelajaran: Geografi  

Materi: Bab 1 – Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Kata kunci: Laut Teritorial, Wilayah Laut, Perairan