Jelaskan dengan singkat proses mendengar bunyi

Posted on

Jelaskan dengan singkat proses mendengar bunyi

Jawaban Terkonfirmasi

Proses mendengar bunyi secara singkat, yaitu:

  1. Gelombang suara akan ditangkap oleh telinga luar dan menuju lorong sempit yang dinamakan saluran telinga. Kemudian mengarah ke gendang telinga.
  2. Suara yang masuk akan menggetarkan gendang telinga dan getaran ini akan diteruskan ke ketiga ketiga tulang kecil di telinga tengah.
  3. Tulang pada telinga tengah akan memperkuat atau meningkatkan getaran suara lalu mengirimkannya ke koklea.
  4. Cairan dalam koklea akan bergetar lalu gelombang suara akan berjalan di sepanjang membran basilar. Sel-sel rambut diatas membran basilar akan mengendalikan gelombang suara. Sel-sel rambut ini juga akan mendeteksi suara bernada tinggi, sedangkan sel-sel rambut yang lebih dekat ke tengah akan mendeteksi suara bernada rendah.
  5. Saat sel-sel rambut bergerak, stereocillia atau rambut-rambut yang sangat kecil yang letaknya di atas sel-sel rambut akan menabrak struktur dan lengkungan di atasnya. Hal ini akan menyebabkan stereocilia terbuka lalu bahan kimia akan masuk ke dalam sel dan menciptakan sinyal listrik.
  6. Saraf pendengaran lalu akan membawa sinyal ini ke sistem saraf pusat (otak) dan mengubahnya menjadi suara yang kita kenali dan pahami.

PEMBAHASAN:

Pendengaran merupakan salah satu indra utama manusia yang bertugas untuk berkomunikasi dan memberi peringatan kepada tubuh. Melalui indra pendengaran, kita dapat merasakan getaran yang disebut sebagai suara. Hal inilah yang disebut dengan proses mendengar yang melibatkan bagian-bagian telinga dan otak.

Telinga memiliki bagian-bagian dan fungsinya tersendiri. Bagian-bagian telinga diantaranya:

  • Telinga luar: daun telinga dan saluran telinga. Telinga bagian luar berguna untuk mengirimkan suara ke membran timpani (gendang telinga). Daun telinga berfungsi untuk mengumpulkan suara dan menyalurkannya ke saluran telinga. Rambut yang ada di bagian luar saluran telinga berfungsi sebagai pelindung dan disinfektan.
  • Telinga tengah: tabung Eustachius. Telinga tengah terdiri dari tiga tulang yang berfungsi untuk menyalurkan suara dari membran timpani ke bagian dalam telinga. Namanya adalahmalleus, incus, dan stapes. Terdapat membran timpani dan koklea (rumah siput) juga pada telinga tengah.
  • Telinga dalam: labirin bertulang dan labirin membran. Labirin bertulang memiliki rongga yang terdapat kanal berbentuk lingkaran yang berfungsi sebagai keseimbangan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 3 SMP  

Mapel: Biologi  

Bab: Sistem koordinasi dan alat indera  

Kode: –  

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3