Ubahlah puisi bumi tak lagi hijau menjadi teks prosa 1 paragraf​

Posted on

Ubahlah puisi bumi tak lagi hijau menjadi teks prosa 1 paragraf​

Ubahlah puisi bumi tak lagi hijau menjadi teks prosa 1 paragraf​

Jawaban:

BUMIKU TAK LAGI HIJAU

Dunia semakin berumur oleh tingkah laku manusia tak peduli tak peduli ada derita.Alam ini semakin kasihan peduli pun tidak alam ini akan habis, habis dimakan oleh ulah manusia.Bumi ini tak lagi hijau alam ini tertutup polusi tebang pohon dimana mana panas pun tak henti datang.Oh, bumi maafkan kami, kami tidak bisa membantumu seperti semula kami hanya bisa menjaga dan melindungi agar kau tetap abadi.

Penjelasan:

Smoga membntu;)

Maaf klo slh

Jawaban:

Parafrasa adalah teknik menyajikan kembali sebuah puisi ke dalam bentuk prosa atau karangan bebas tanpa kehilangan inti dari sebuah puisi. Parafrasa terdiri dari dua jenis yaitu parafrasa terikat dan bebas.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan kembali sebuah puisi ke dalam bentuk prosa. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

PUISI RUJUKAN

Bumiku Tak Lagi Hijau

Karya : Ratu

Dunia semakin berumur

Oleh Tingkah laku manusia

Tak peduli tangisan

Tak peduli Ada derita

Alam ini semakin kasihan

Peduli pun tidak

Alam ini habis

Habis Di makan Oleh ulah

Manusia

Bumi ini tak lagi hijau

Alam ini tertutup polusi

Tebang pohon dimana mana

Panas pun tak henti datang

oh, bumi maafkan kami

Mungkin kami tak bisa

Tak bisa membuatmu seperti

semula

Kami hanya bisa menjaga Dan

melindungi

Agar kau tetap abadi

PARAFRASA

Saat ini, dunia semakin renta, namun bukan karena umur, melainkan karena tingkah laku manusia yang tidak lagi peduli pada tangisan dan penderitaan yang dialami oleh bumi. Kita yang seharusnya sudah kasihan dengan nasib bumi ini, malah bersikap tidak peduli. Biarpun seluruh sumber daya alam di bumi ini habis kita sikat, kita tetap tidak peduli. Inilah kita manusia.

Akibat tindakan kita, bumi ini tak lagi hijau. Alam yang dahulu segar kini tertutup polusi. Dimana-mana pohon ditebang. Akibatnya temperatur udara meningkat.

Kita harus meminta maaf pada bumi karena tak bisa menjadikan planet ini indah, hijau, dan sehat seperti semula. Oleh karena itu, marilah bertobat dengan menjaga dan melindungi bumi ini agar tetap abadi.

Semoga bermanfaat