Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional kecuali

Posted on

Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional kecuali

Jawaban Terkonfirmasi

Definisi integrasi nasional adalah suatu usaha untuk menyatukan perbedaan yang terdapat dalam suatu negara sehingga keserasian dan keselarasan nasional dapat tercapai. Contoh wujud integrasi nasional di Indonesia antara lain:
– Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta yang diresmikan pada tahun 1976. Pada saat itu, terdapat 27 provinsi di Indonesia. Tiap anjungan di TMII menampilkan rumah adat beserta aneka macam hasil budaya dari tiap provinsi.
-Sikap toleransi antar umat beragama. Terdapat berbagai macam agama di Indonesia, antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Walaupun agama berbeda-beda namun masyarakat Indonesia tetap saling menghormati.
-Sikap mau menghargai kebudayaan daerah lain, serta rasa ikut memiliki sehingga mau mempelajari budaya daerah lain. Misalnya, masyarakat Jawa belajar menari Legong yang merupakan tarian adat Bali.
-Diadakan Pekan Olahraga Nasional (PON), yaitu perlombaan tingkat nasional di bidang olahraga yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Acara ini dapat memupuk persatuan Indonesia sekaligus menggali potensi para atlet daerah untuk dapat berprestasi dan membawa harum nama bangsa di kancah internasional.

Integrasi nasional harus diupayakan secara berkesinambungan demi terciptanya keselarasan nasional. Upaya untuk meningkatkan integrasi nasional dapat dilakukan dengan 2 cara:
1. Meningkatkan integrasi nasional secara vertikal, yaitu antara pemerintah dengan masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan merumuskan kebijakan-kebijakan yang tegas dan tepat sasaran dalam segala aspek kehidupan masyarakat, sehingga tercapai keadilan bagi semua pihak.
2. Meningkatkan integrasi nasional secara horizontal, yaitu antara masyarakat plural di Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara terus menerus membangun komitmen dan kesadaran masyarakat untuk bersatu meskipun berbeda ras, suku, dan agama. Dapat juga dilakukan pembangunan kelembagaan di masyarakat yang berdasarkan nilai persatuan dan kesatuan.

Detil tambahan:
Kelas: X SMA
Mapel: PPKn
Kategori: Integrasi nasional
Kata kunci: Integrasi nasional, contoh wujud integrasi nasional