Strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia dengan cara meningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah adalah

Posted on

Strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia dengan cara meningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Terdapat berbagai tantangan dari pengembangan agrikultur sendiri salah satunya globalisasi, sehingga memerlukan sebuah strategi dalam menunjang keberhasilan pengembangan dalam bidang pertanian. Strategi yang dilakukan pemerintah guna mengembangkan pertanian di Indonesia dalam pembangunan ekonomi bangsa meliputi : ekofarming, distribusi pupuk secara merata, dan perbaikan irigasi.

Pembahasan :

Strategi yang dilakukan pemerintah guna mengembangkan pertanian di Indonesia dalam pembangunan ekonomi bangsa meliputi :

  • Ekofarming. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan budidaya dalam bidang pertanian, yang mana strategi ini dibuat ramah terhadap lingkungan sekitar dan kearifan lokal yang berada di setiap wilayah memiliki integrasi.
  • Distribusi pupuk secara merata. Dalam strategi ini petani diharuskan untuk menghitung berapa kebutuhan pupuk yang diperlukan dalam kurun waktu satu tahun, sehingga kebutuhan pupuk bisa terpenuhi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para petani.
  • Perbaikan irigasi. Apabila sistem irigasi diperbaiki, maka air akan tersedia. Pemerintah disini memiliki tugas memastikan air tersedia sehingga lahan pertanian Para petani bisa teraliri air dengan baik.

Terdapat strategi lain yang bisa dilakukan dalam pengembangan agrikultur selain yang disebutkan diatas yaitu perlunya perbaikan dan pembangunan terkait sarana prasarana di bidang pertanian, pembukaan lahan baru, perlunya SDM yang bermutu sehingga bisa memberikan konsultasi terkait peningkatan produktivitas dalam bidang pertanian.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang pengertian pembangunan ekonomi brainly.co.id/tugas/420564
  2. Materi tentang kegiatan ekonomi negara-negara ASEAN brainly.co.id/tugas/16419970
  3. Materi tentang pengertian ekonomi agrikultur brainly.co.id/tugas/10502941

Detail jawaban :

Kelas : VIII

Mapel : IPS

Bab : Bab 3 fungsi dan peran

sumberdaya alam dalam

pembangunan nasional

Kode : 8.10.3

#Ayobelajar

#SPJ5