Contoh kearifan lokal

Posted on

Contoh kearifan lokal

Jawaban Terkonfirmasi

Contoh Kearifan Lokal:

  1. Hutan Larang Adat (Desa Rumbio Kec Kampar Prov Riau)
  2. Awig-Awig (Lombok Barat dan Bali)
  3. Cingcowong (Sunda/Jawa Barat)
  4. Bebie (Muara Enim – Sumatera Selatan)

Pembahasan

Contoh Kearifan Lokal:

  1. Hutan Larang Adat (Desa Rumbio Kec Kampar Prov Riau) adalah  Kearifan lokal memiliki tujuan agar masyarakat sekitarnya bersama-sama melestarikan hutan yang ada di sana. Seperti misalnya ada peraturan tentang tidak diboleh menebang hutan sembarangan. Jika hal itu dilakukan maka pelaku akan dikenakan denda sebesar beras 100 kg atau berupa uang sebesar Rp.6.000.000,-.
  2. Awig-Awig (Lombok Barat dan Bali) adalah aturan adat yang dijadikan pedoman untuk bertindak dan bersikap terutama dalam hal berinteraksi. Serta dalam hal mengolah sumber daya alam dan lingkungan, yang ada di daerah Lombok Barat dan Bali.
  3. Cingcowong (Sunda/Jawa Barat) adalah suatu jenis upacara dalam meminta hujan, tradisi Cingcowong ini telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Luragung untuk melestarikan budaya. Dan untuk menunjukkan permintaan pada Yang Maha Kuasa jika tidak ada kepatuhan pada setiap perintahNya.
  4. Bebie (Muara Enim – Sumatera Selatan) adalah tradisi dalam menanam dan memanen padi dengan cara bersama-sama, yang tujuannya adalah agar proses pemanenan cepat selesai. Jika panen sudah selesai maka akan ada perayaan sebagai bentuk rasa syukur atas proses panen yang sukses dan berhasil.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Ciri Kearifan lokal brainly.co.id/tugas/22363823

—————————–

Detil jawaban

Kelas:10

Mapel: Geografi

Bab: 5 – Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer

Kode: 10.8.5