Berikan tiga contoh kearifan lokal yang memuat unsur keterampilan lokal ?

Posted on

Berikan tiga contoh kearifan lokal yang memuat unsur keterampilan lokal ?

Jawaban Terkonfirmasi

PENDAHULUAN

Kearifan lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan yang sinonimnya adalah  kebijaksanaan dan lokal yang berarti setempat. Dapat disimpulkan bahwa kearifan lokal adalah gagasan setempat atau gagasan di dalam suatu wilayah yang didiami oleh seseorang yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Pokok-pokok di dalam kearifan lokal terdiri dari:

  • Adat Istiadat
  • tata cara ibadah
  • bahasa daerah yang digunakan
  • perayaan-perayaan hari besar

Keterampilan lokal itu sendiri keterampilan lokal merupakan seperangkat pengetahuan, nilai-nilai, perilaku, serta cara bersikap terhadap objek dan peristiwa tertentu di lingkungannya, yang diakui kebaikan dan kebenarannya oleh komunitas tersebut.

PEMBAHASAN

Tiga contoh di dalam kearifan lokal yang memuat unsur keterampilan lokal dapat dilihat contohnya yakni:

  • Tradisi Repong Damar pada Suku Krui di Lampung Barat

Repong damar atau hutan damar merupakan model pengelolaan lahan bekas ladang yang dikembangkan oleh Suku Krui di Lampung Barat yang mirip dengan metode pengolahan wanatani. Wanatani merupakan suatu bentuk pengelolaan sumber daya  yang memadukan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan yang berbarengan penanaman komoditas atau tanaman jangka pendek seperti tanaman pertanian.

Tradisi Repong Damar dengan metode Wanatani dilakukan dengan jenis tanaman, seperti damar, kopi, karet, durian. Keterampilan lokal yang tertonjol di dalam tradisi Repong Damar ini adalah teknik pertanian. Banyak sekali perusahaan asing di Lampung Barat yang ingin menanami tanaman sawit. Demi mempertahankan tradisi, masyarakat Krui tidak mau menjualnya, karena ini adalah tradisi yang harus dijaga dari generasi ke generasi.

  • Te Aro Neweak Lako  di Papua

Arti dari Te Aro Neweak Lako adalah alam adalah aku. pada keterampilan ini menganggap bahwa Gunung Erstbert dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama atau Ibu, dan menganggap bahwa tanah yang mereka injak merupakan bagian dari manusia. Untuk itulah nilai tradisi Te Aro Neweak Lako di Papua yang kaya akan sumber daya alam harus mengambil sumber daya di dalamnya secara hati-hati.

  • Tradisi Tana Ulen, Suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

Hutan yang berada di kawasan suku Dayak Kenyah merupakan bagian dari kekuasaan suku tersebut, dan dilindungi oleh aturan dan hukum adat. Hutan itu termasuk dalam hutan rimba yang memiliki jenis tanaman rotan, kayu manis, damar, sagu, gaharu dan memiliki ekosistem ikan yang terjaga. Tradisi ini merupakan perlindungan hutan dan konservasi alam yang menjadi tanah adat agar kelestarian hutan dan kemurnian alam dapat dirasakan hingga ke anak cucu suku Dayak Kenyah. Siapapun yang merusak atau menebang hutan di tanah adat, maka akan dikenakan denda atau bahkan dengan mandau tergantung beratnya hukuman yang dilanggar.

Di berbagai jenis penelitian yang ada, tradisi menjaga hutan bernama Tana Ulen, ternyata mampu menurunkan karbon global yang menjadi pemicu dari pemanasan global sebagai isu yang hangat hingga saat ini. Di samping itu kita mengetahui bahwa Kalimantan merupakan salah satu paru-paru dunia yang masih hijau dan menyuplai oksigen bagi dunia.

Pelajari lebih lanjut tentang  tiga contoh kearifan lokal yang memuat unsur keterampilan lokal

  1. Apa pengertian kearifan lokal?  brainly.co.id/tugas/5455600
  2. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?  brainly.co.id/tugas/2854730
  3. Apa yang dimaksud dengan keterampilan lokal?  brainly.co.id/tugas/14220132
  4. Contoh Kearifan Lokal?  brainly.co.id/tugas/10831955

__________________________

Detil Jawaban

Kode         : 11.20.5

Kelas         : SMA kelas XI

Mapel        : Sosiologi

Kategori     : Bab 5 – Kebudayaan & Multikulturalisme

Kata kunci  : tiga contoh kearifan lokal yang memuat unsur keterampilan lokal