Jelaskan cara teknik penjernihan air

Posted on

Jelaskan cara teknik penjernihan air

Jawaban Terkonfirmasi

Cara teknik penjernihan air

  1. Penyaringan (filtrasi)
  2. Penyulingan (destilasi)
  3. Penjernihan dengan tawas

Pembahasan

1. Penyaringan (filtrasi)

Filtrasi adalah pemisahan zat-zat dalam campuran dengan melewatkan campuran pada penyaringan (filter). Dalam hal ini akan dipisahkan partikel seperti lumpur dari air, dengan memanfaatkan perbedaan ukuran partikel antara zat-zat dalam campuran.

Saringan yang digunakan misalnya adalah kain, pasir atau serat.

Zat dengan ukuran partikel lebih besar dari pori-pori saringan akan terhalang tidak bisa melewati saringan, sehingga terpisah dari campuran. Ini menjadikan air lebih bersih.

2. Penyulingan (destilasi)

Distilasi atau penyulingan adalah pemisahan zat-zat dalam campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih. Dengan memanaskan campuran maka zat dalam campuran dengan titik didih lebih rendah akan menguap lebih dahulu dan terpisah dari campuran.

Contoh penyulingan dalam pengolahan adalah penyulingan air bersih dari air laut yang mengandung garam.

3. Penjernihan dengan tawas

Tawas adalah bahan pembersih air, dengan nama senyawa potassium alum dan rumus kimia  KAl(SO₄)₂·12H₂O. Senyawa ini garam dari aluminium sulfat yang berbentuk hidrat (terikat dengan molekul air).

Cara kerja tawas dalam penjernihan air adalah dengan mengumpalkan partikel terlarut dalam air yang kotor dengan menghilangkan muatan pada partikel (atau menetralkan partikel) agar dapat mengendap.

Pelajari lebih lanjut:

1, Cara menisahkan campuran air dengan pasir adalah dengan?

brainly.co.id/tugas/12639564

2. Sebutkan 5 contoh pemisahan campuran dengan cara Filtrasi, Sentrifugasi, Distilasi (Penyulingan) , Kromatografi, dan Sublimasi  

brainly.co.id/tugas/126490

Detail Jawaban:  

Kode: 7.7.5

Kelas: 7  

Mata pelajaran: Kimia        

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat

Kata kunci: Penjernihan Air