Apa ciri ciri kaum anshar ?​

Posted on

Apa ciri ciri kaum anshar ?​

Jawaban:

Hubungan Muhajirin dan Anshar sebagai dasar Masyarakat Madani.

Tulisan ini sengaja dibuat dalam rangka memberikan pemahaman yang baik tentang kerukunan hidup bermasyarakat. Terutama di Negara kita Indonesia, kita sering menemukan pada banyak daerah yang mana masyarakatnya terdiri dari dua kelompok, kelompok pendatang dan penduduk asli daerah. Di dalam Islam dua kelompok tersebut dikenal dengan sebutan Muhajirin dan Anshar. Mereka hidup rukun dan damai dengan toleransi tingkat tinggi. Barangkali pokok pikiran yang terkandung di dalam tulisan ini akan bermanfaat untuk membina masyarakat yang berakhlak mulia. Terutama dalam rangka menemukan format apa yang sering digagas oleh para cendekiawan muslim sebagai “ Masyarakat Madani” dewasa ini.

Perlu juga diingat oleh pemikir muslim, sungguh sebuah kekeliruan jika konsep ” Masyarakat Madani ” disamakan dengan konsep Civil Society yang konsepnya dilahirkan oleh pemikir non muslim. Kedua konsep itu sangat berbeda background nya. Civil Society merupakan akumulasi pemikiran filosofis. Sementara Masyarakat Madani merupakan konsep tentang realitas kehidupan masyarakat madinah dibawah naungan Nur Ilahi ( penataan perilaku masyarakat bukan berdasarkan pemikiran filosofis, melainkan lebih pada bimbingan wahyu). Tata masyarakatnya lansung dibawah binaan Rasulullah SAW.

Umat Islam yang bertempat tinggal di Madinah pada masa Nabi Muhammad SAW telah menjadi dua kaum, yakni kaum Muhajirin, yakni mereka yang berhijrah dari Makkah (sebagai