Tuliskan minimal 4 karakteristik jantung pada manusia!

Posted on

Tuliskan minimal 4 karakteristik jantung pada manusia!

Jawaban:

Karakteristik jantung adalah jantung terdiri dari 4 ruangan yaitu serambi kanan, bilik kanan, serambi kiri dan bilik kiri. Jantung tersusun atas 3 lapisan yaitu pericardium, myocardium dan endocardium.

Penjelasan:

Jantung manusia terdiri atas 3 lapisan yaitu:

Pericardium, Myocardium, Endocardium

Ruangan jantung pada jantung manusia yaitu:

Serambi kanan, berfungsi menerima darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh.Serambi kiri, berfungsi menerima darah kaya oksigen dari paru-paru.Bilik kanan, berfungsi memompa darah kaya karbon dioksida ke paru-paru.Bilik kiri, berfungsi memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Katup pada jantung manusia yaitu:

Valvula bikuspedalis, terletak diantara serambi kiri dengan bilik kiri.Valvula trikuspedalis, terletak diantara serambi kanan dengan bilik kanan.Valvula semilunaris, terletak di aorta.

Saat bilik jantung berkontraksi sehingga bilik jantung menguncup, maka darah akan keluar dari jantung dan kemudian kita sebut sebagai tekanan darah systole yang terukur sebesar 120 mmHg pada keadaan normal.

Saat serambi jantung berelaksasi sehingga serambi jantung mengembang, maka darah akan kembali lagi ke jantung dan kemudian kita sebut sebagai tekanan darah diastole yang terukur sebesar 80 mmHg pada keadaan normal.