Ruang lingkup biologi meliputi objek, tingkat organisasi, dan tema dasar. Yang termasuk tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah …..

Posted on

Ruang lingkup biologi meliputi objek, tingkat organisasi, dan tema dasar. Yang termasuk tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah …..

Jawaban Terkonfirmasi

Struktur organisasi kehidupan

Struktur organisasi kehidupan dari yg terkecil hingga terbesar yaitu sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Pembahasan:

Urutan tingkat organisasi kehidupan dari yang terendah hingga tertinggi dimulai dari  tingkat sel, tingkat jaringan, tingkat organ, tingkat organisme, tingkat populasi, tingkat komunitas, tingkat ekosistem, tingkat bioma.

1. Sel  

Sel adalah unit kehidupan yang paling kecil. Berdasarkan jumlah sel penyusunnya, kita mengenal mahluk hidup dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu mahluk hayati uniseluler (terdiri berdasarkan satu sel) dan mahluk hidup multiseluler (terdiri menurut banyak sel). Beberapa model mahluk hidup uniseluler misalnya protozoa, bakteri, & alga. Mereka melangsungkan metabolisme tubuhnya pada pada satu butir sel saja. Sedangkan makhluk hidup multiseluler, misalnya tumbuhan & hewan disusun oleh banyak sel yang masing-masing mempunyai bentuk & fungsi yg berbeda-beda.


2. Jaringan

Jaringan merupakan sekumpulan sel yg memiliki bentuk dan fungsi yg sama. Tubuh hewan misalnya terdiri atas majemuk jenis jaringan seperti jaringan otot, jaringan darah, atau jaringan epidermis. Contoh mahluk hidup yg berada dalam taraf organisasi kehidupan jaringan misalnya Porifera dan Coelenterata. Keduanya memiliki lapisan sel pembentuk tubuh (diploblastik), yaitu lapisan terluar (ektoderm) dan lapisan terdalam (endoderm).

3. Organ

Dalam tingkat organisasi kehidupan, organ dianggap menjadi suatu deretan jaringan yg memiliki fungsi tertentu. Contoh organ pada tubuh manusia misalnya jantung, paru-paru, dan lambung.


4. Sistem Organ

Sistem organ disusun oleh beberapa organ yg saling berinteraksi satu sama lain dalam melaksanakan suatu fungsi pada pada tubuh. Sebagai model, sistem aliran darah manusia, yang terdiri berdasarkan jantung dan pembuluh darah, berfungsi buat mengedarkan darah ke semua tubuh. Sistem organ adalah taraf organisasi kehidupan yg kemudian menyusun suatu individu taraf tinggi.


5. Individu

Di tingkat individu, berlangsung mekanisme kompleks yang terjadi lantaran koordinasi dan regulasi beragam sistem organ. Tubuh manusia merupakan satu contoh nyata tingkat organisasi kehidupan yang berupa individu.


6. Populasi

Populasi merupakan sekumpulan individu yang berada di waktu dan tempat yg sama. Di kurang lebih lingkungan kita masih ada bermacam-macam populasi, seperti populasi pohon kelapa, populasi burung merpati, populasi rumput, populasi cacing tanah, populasi manusia, & sebagainya.


7. Komunitas

Komunitas merupakan tingkat organisasi kehidupan yang tersusun atas sekumpulan populasi yg berada pada waktu dan tempat yg sama. Contoh komunitas yg dapat kita jumpai sehari-hari contohnya komunitas padangrumput, yg terdiri dari populasi alang alang, populasi rerumputan, populasi belalang, populasi cacing tanah, populasi kupu-kupu, dan sebagainya.


8. Ekosistem

Dalam tingkat organisasi kehidupan, ekosistem dianggap sebagai suatu hubungan yang terjadi antara populasi penyusun komunitas dengan lingkungannya misalnya sinar matahari, tanah, air, & udara. Contoh ekosistem antara lain ekosistem sawah, ekosistem air tawar, ekosistem air laut, dan sebagainya.


9. Bioma

Bioma merupakan sekumpulan ekosistem yg melingkupi suatu wilayah luas. Contoh menurut beberapa bioma besar yg masih ada pada bumi kita diantaranya  bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan gugur, bioma hutan hujan tropis, bioma taiga, dan bioma tundra. Suatu bioma umumnya memiliki iklim khas sehingga masih ada tipe-tipe organisme (tumbuhan dan hewan) khusus yang dapat beradaptasi di lingkungan tersebut.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Materi tentang pengertian hidup brainly.co.id/tugas/3836616
  2. Materi tentang contoh cabang hayati brainly.co.id/tugas/2999324
  3. Materi tentang Piramida ekologi brainly.co.id/tugas/5420974

Detail Jawaban :

Kelas : VII

Mapel : IPA

Bab  : Sistem organisasi kehidupan

Kode : 7.4.4

Gambar Jawaban