Sebutkan perbedaan uang kartal dan uang giral

Posted on

Sebutkan perbedaan uang kartal dan uang giral

Jawaban Terkonfirmasi

Uang kartal dan uang giral memiliki perbedaan berdasarkan:

  1. bentuk,
  2. sifat,
  3. kepraktisan,
  4. kepemilikan, dan
  5. keamanan.

PEMBAHASAN

Tentulah kamu pernah membeli sesuatu dengan uang kertas dan logam, bukan? Tahukah kamu bahwa dua jenis uang tersebut ternyata adalah uang kartal?

Uang kartal sendiri memiliki definisi yaitu uang yang dijadikan alat pembayaran yang sah dan wajib, diterima dalam melakukan transaksi jual beli secara umum oleh masyarakat sehari-hari.

Bagaimana dengan uang giral? Uang giral pada dasarnya adalah alat pembayaran alternatif terhadap uang kartal. Uang ini dapat berupa kartu kredit, cek, giro, wesel, dan uang elektronik.

Berikut ini adalah perbedaan antara uang kartal dan giral agar kamu lebih memahami kedua jenis uang ini.

  1. Perbedaan berdasarkan bentuk: uang kartal dapat berupa uang logam dan kertas dengan nominalnya masing-masing, sedangkan uang giral dapat berupa lembar kertas atau bahkan dalam bentuk digital—seperti uang elektronik.
  2. Perbedaan berdasarkan sifat: uang kartal sifatnya wajib digunakan sebagai alat pembayaran (setiap penjual dan pembeli wajib menerima uang kartal sebagai alat pembayaran sah), sedangkan uang giral sifatnya opsional digunakan sebagai alat pembayaran (setiap penjual dan pembeli tidak wajib menerima uang giral sebagai alat pembayaran sah).
  3. Perbedaan berdasarkan kepraktisan: uang kartal cenderung tidak praktis disimpan (terutama dalam jumlah yang sangat banyak), sedangkan uang giral sangat praktis disimpan (bahkan dengan nominal yang sangat tinggi sekalipun).
  4. Perbedaan berdasarkan kepemilikan: kepemilikan uang kartal didasarkan oleh siapapun yang menggunakannya saat bertransaksi pada saat itu juga, sedangkan kepemilikan uang giral didasarkan oleh identitas pemilik uang giral itu.
  5. Perbedaan berdasarkan keamanan: uang giral jauh lebih aman dari uang kartal karena salah satu alasannya yaitu kepemilikan uang giral yang lebih jelas dibanding kepemilikan uang kartal.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Fungsi uang:

Syarat uang:

DETAIL JAWABAN

Mapel: Ekonomi

Kelas: 9

Materi: Uang dan Lembaga Keuangan

Kode Kategorisasi: 9.10.6

#TingkatkanPrestasimu