Level level gerak dalam tari ​

Posted on

Level level gerak dalam tari ​

Level gerak :

  • Level tinggi
  • Level sedang
  • Level rendah

Pembahasan

Level gerak tari adalah tinggi rendahnya gerakan pada suatu tarian. Salah satu fungsi dari level gerak adalah untuk mencapai dinamika. Macam-macam levek gerak :

  • Level Tinggi
  • Level Sedang
  • Level Rendah

Level Tinggi

Level Tinggi biasanya dapat menggunakan media atau alat bantuan seperti panggung kecil (trap) atau alat bantu tali yang berfungsi untuk memberikan kesan terbang atau melayang. Level Tinggi biasanya digunakan untuk memfokuskan peran penari sehingga dapat dilihat dari segala arah. Contoh tari nya adalah tari Kecak, Bali. Penari yang berperan sebagai Rahwana dan Shinta akan berdiri disekitar penari yang duduk membentuk sebuah lingkaran, sehingga kedua penari tersebut terlihat jelas oleh penonton.

Level Sedang

Level Sedang pada level gerak tari biasanya memiliki gerakan rampak dengan badan agak sedikit condong. Pose seperti ini memberi kesan terhadap penari, yaitu kokoh dan kuat. Gerak ini biasanya memberikan kesan maskulinitas yang biasanya diperagakan oleh penari laki-laki.

Level Rendah

Level Rendah pada level gerak tari biasanta ditarikan secara berguling dari satu tempat ke tempat lainnya, terus bergerak seakan-akan penari tidak memiliki kesan lelah. Gerak berguling yang biasa dilakukan dalam tari disebut level Rendah. Ketinggian minimal nya yang biasa dicapai oleh penari adalah pada saat merebahkan tubuh nya ke lantai.

Pelajari lebih lanjut :

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Seni Budaya

Bab : 5-Elemen Gerak Tari

Kode Kategorisasi : 7.19.5

Kata Kunci : Level Gerak tari, Tinggi, Sedang, dan Rendah.