Prasasti berikut ini yang berisi kutukan kepada orang yang melakukan kejahatan adalah

Posted on

Prasasti berikut ini yang berisi kutukan kepada orang yang melakukan kejahatan adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Prasasti berikut ini yang berisi kutukan kepada orang yang melakukan kejahatan adalah Prasasti Karang Berahi.

PEMBAHASAN

Prasasti Karang Berahi adalah prasasti yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya dan ditemukan di Provinsi Jambi. Bahasa di dalam prasasti ini merupakan dari bahasa Melayu Kuna dan berhuruf Pallawa. Isi dari prasasti ini adalah kutukan kepada siapapun yang melakukan kejahatan, serta balasan apa yang akan diterima oleh pelaku kejahatan tersebut.

PEMBAHASAN LEBIH LANJUT

Banyak dari prasasti dari Kerajaan Sriwijaya yang memiliki kutukan pada orang-orang yang tidak hanya melakukan kejahatan namun juga kepada siapa yang tidak tunduk kepada raja. Prasasti tersebut seperti Prasasti Palas Pasemah, Prasati Kota Kapur, dan Prasasti Telaga Batu.

Prasasti Palas Pasemah merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya. Isi dari prasasti ini adalah berisi kutukan kepada siapapun yang tidak taat kepada raja.

Prasati Kota Kapur merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya  Isi dari prasasti ini adalah berisi kutukan kepada orang yang bersekongkol kepada para pemberontak,  tidak hormat dan tidak tunduk pada raja.

Terakhir Prasasti Telaga Batu. Prasasti ini merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya  Isi dari prasasti ini adalah berisi kutukan kepada orang yang tidak setia kepada raja.

Pelajari lebih lanjut tentang prasasti Sriwijaya di  bawah ini:

  1. Isi prasasti karang berahi ? brainly.co.id/tugas/17114
  2. Sebutkan 4 prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya brainly.co.id/tugas/2749584
  3. Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya….. brainly.co.id/tugas/10831802
  4. Sebutkan 7 prasasti kerajaan sriwijaya brainly.co.id/tugas/10516885

_______________________

Detil jawaban  

Kelas: 10 SMA

Mapel: Sejarah

Kategori: Bab 2 – Kerajaan Hindu-Buddha di indonesia

Kode: 10.3.2

Kata Kunci: Prasasti Sriwijaya yang berisi kutukan kepada orang yang melakukan kejahatan, Prasasti Karang Berahi, Prasasti Palas Pasemah, Prasati Kota Kapur, Prasasti Telaga Batu.