Apa saja 6 perangkat penyimpanan yg umum? sebukan perbedaannya

Posted on

Apa saja 6 perangkat penyimpanan yg umum? sebukan perbedaannya

1. Hardisk/Cakram keras
Hardisk merupakan media penyimpanan yang digunakan dari dahulu sampai sekarang. Kapasitas hardisk mulai dari 80GB, 120GB sampai 160GB.
2. Disket
Disket merupakan media penyimpanan yang saat ini sudah jarang digunakan karena keterbatasan pada kapasitasnya dan rentan pada kerusakan.
3. Memori Card (Kartu Memori)
Kartu memori adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital ,suara digital dan video
digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan
standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya
kelipatan dua.
4. Memori Flash
Memori flash adalah sejenis EEPROM yang mengijinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman.
5. USB Flash drive
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Alat ini lebih
cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan
(karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket
6. CD / DVD RW
Selain USB Flash drive atau Flash disk, CD dan DVD merupakan alat penyimpan data yang sering digunakan saat ini. Jika menggunakan
CD-R atau DVD-R berarti data yang disimpan tidak dapat ditulis ulang.
Beda dengan CD-RW dan DVD-RW yang berarti CD / DVD tersebut dapat
ditulis ulang atau diformat kembali.

1. harddisk
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras.
2.flasdisk
Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk 
3.CD rom
CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya
4.floppydisk
Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
5.RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Bereda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat di akses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer di matikan atau catu daya terhubung kepadanya dicabut.