7. Saat melakukan tumpuan badan mem-

Posted on

belakangi mistar. Ketentuan ini berlaku dalam
lompat tinggi gaya ..
a. Western rool d. Eastern cut off
b. Schnepper
e. Straddle
C. Fosbury flop​

7. Saat melakukan tumpuan badan mem-

Jawaban:

C.Fosbury Flop

Penjelasan:

Gaya fosbury flop disebut juga dengan gaya flop saja. Pencipta dari gaya Fosbury Flop ini adalah Dick Ricarid Fosbury. Dick Ricarid Fosbury adalah seorang atlet lompat tinggi yang berasal dari Amerika. Di Olimpiade Mexico yang diselenggarakan pada tahun 1968, Dick Ricarid Fosbury berhasil meraih peringkat pertama pada pertandinggan lompat tinggi yang diadakan dengan menggunakan gaya Fosbury Flop tersebut.

Momen itulah yang membuat para ahli atletik kemudian mencurahkan perhatian mereka kepada Dick Ricarid Fosbury dengan gaya barunya yang apik dan unik. Mengapa gaya tersebut disebut unik? karena dengan gaya tersebut ketika melalui mistar, posisi tubuh akan ada dalam kondisi yang telentang. Pendaratan dengan gaya ini adalah dengan bagian punggung terlebih dahulu dan dengan posisi telentang.

Untuk melakukan salah satu dari 4 macam gaya dalam lompat tinggi tersebut, para pemula di bidang olahraga atletik ini dapat memperhatikan langkah-langkah berikut yang lebih mendetail.

Awalan – Pada awalan menggunakan gaya Fosbury flop ini adalah para peserta atau atlet perlu melakukannya dengan cepat dan melakukan gerakan ini dengan sedikit melingkar atau melengkung. Untuk langkah awalan, para peserta perlu mengambil hingga 7 atau 9 langkah.

Tolakan – Dalam fase tolakan kaki ini, para peserta lompat tinggi memerlukan ayunan kedua tangan yang kuat sekali, seperti pada gaya-gaya lompat tinggi yang lain. Mengapa harus kuat? Ini dilakukan agar tangan Anda dapat mendukung seluruh tubuh Anda agar dapat terangkat dengan sempurna. Apabila kaki kanan Anda yang digunakan sebagai tolakan, maka Anda perlu sekali untuk melakukan tolakan ke arah kiri mistar. Ketika Anda melakukan tolakan kaki di waktu yang bersamaan, Anda perlu menggerakkan kedua tangan Anda ke atas di arah samping kepala Anda. Setelah Anda melakukan hal ini, maka tubuh Anda akan melompat ke atas sehingga putaran sebesar 180 derajat dapat dihasilkan dan peserta atau atlet dapat melakukannya bersama-sama.

Sikap tubuh – Sikap tubuh adalah salah satu hal yang patut diperhatikan juga. Terutama ketika Anda berada di atas mistar. Sikap tubuh perlu dilakukan secara telentang dengan gantungkan kedua kaki Anda secara lemas dan rileks. Tarik dagu Anda sedikit mendekati dada Anda dan punggung juga berada di atas mistar. Sehingga membentuk seperti busur melintang.

Pendaratan – Pada gaya flop ini, pendaratan adalah pada karet busa dengan ukuran ketinggian lebih dari 60 cm dan 5 x 5 meter. Dimana matras dengan ukuran 10-20 cm menutupi bagian busa tersebut. Untuk proses pendaratan, pertama adalah bagian punggung Anda terlebih dahulu baru area belakang kepala pada posisi pendaratan di karet busa tersebut.