Jelaskan kelebihan dan kelemahan utama metode penilaian kinerja dengan pendekatan keperilakuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran.

Posted on

Jelaskan kelebihan dan kelemahan utama metode penilaian kinerja dengan pendekatan keperilakuan dan Manajemen Berdasarkan Sasaran.

Jawaban Terkonfirmasi

Kelemahan yang terdapat pada metode penilaian kerja berdasarkan pendekatan keperilakuan ialah bahwa para atasan atau penyelia tidak terlalu memiliki minat untuk mencatat peristiwa kritis, namun cenderung untuk mengada-ada.

Kelebihan dari penilaian kinerja berdasarkan pendekatan keprilakuan yaitu metode ini sangat valid dalam memberikan sebuah penilaian dan memberikan tolak ukur perilaku untuk karyawannya.

PEMBAHASAN

Penilaian kinerja berdasarkan pendekatan keperilakuan adalah suatu pendekatan yang dipakai untuk mendefinisikan atau mengartikan  suatu perilaku seorang karyawan yang harus berhasil dalam pekerjaan. Teknik yang digunakan pada pendekatan keperilakuan adalah : Critical Incident atau biasa di sebut Insiden kritis.

Metode insiden kritis merupakan suatu metode penilaian yang berdasarkan pada catatan penilai dan menggambarkan perilaku karyawan yang sangat baik maupun sebaliknya yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan karyawan. Semua peristiwa dicatat oleh penyelia selama periode evaluasi terhadap setiap karyawan. Metode ini sangat berfungsi untuk memberikan feddback kepada karyawan dan meminimalisir suatu kesalahan pada kesan terakhir.

Kelemahan yang terdapat pada metode penilaian kerja berdasarkan pendekatan keperilakuan ialah bahwa para atasan atau penyelia tidak terlalu memiliki minat untuk mencatat peristiwa kritis, namun cenderung untuk mengada-ada. Sedangkan kelebihan dari penilaian kinerja berdasarkan pendekatan keprilakuan yaitu metode ini sangat valid dalam memberikan sebuah penilaian dan memberikan tolak ukur perilaku untuk karyawannya.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang kelebihan metode penilaian kinerja : brainly.co.id/tugas/51329291?referrer=searchResults

Materi tentang kekurangan metode penilaian kinerja : brainly.co.id/tugas/51329291?referrer=searchResults

Materi tentang penilaian kinerja berdasarkan pendekatan keperilakuan : brainly.co.id/tugas/28992143?referrer=searchResults

Detail Jawaban

Kelas : XI

Mapel : Ekonomi

Bab :  3 – Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi

Kode : 11.12.3

#AyoBelajar #SPJ2