Yg bisa jawab, ipa kls 9 hal 92

Posted on

Yg bisa jawab, ipa kls 9 hal 92

Yg bisa jawab, ipa kls 9 hal 92

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban IPA kelas 9 halaman 92:

3. Jika bagian kepala planaria saja yang dibelah, maka akan terjadi regenerasi pada bagian kepalanya saja. Hal ini mengakibatkan terbentuknya dua kepala planaria.

4. Jika bagian ekor planaria saja yang dibelah, maka akan terjadi regenerasi pada bagian ekornya saja. Hal ini mengakibatkan terbentuknya dua ekor planaria.

5. Jika bagian dekat kepala dipotong serta ekor dari planaria dibelah, maka akan terjadi proses regenarasi berupa individu baru serta salah satu bagian ekor yang mengalami percabangan. Hal ini dikarenakan potongan dekat kepala akan membentuk individu baru. Sedangkan bagian yang ekornya dibelah akan membentuk percabangan berupa dua ekor.

6. Jika planaria dibelah menjadi tiga berupa kepala, tengah dan ekor. Maka akan terjadi regenerasi berupa terbentuknya tiga individu baru. Hal ini dikarenakan masing-masing bagian yang terpotong akan membentuk individu baru.

Pembahasan

Planaria merupakan hewan yang termasuk dalam filum Platyhelminthes. Planaria banyak dimanfaatkan sebagai terapi stem sel serta objek penelitian mengenai eksperimen regenerasi. Hal ini dikarenakan planaria memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi. Proses regenerasi terjadi ketika planaria berada pada masa pertumbuhan maksimum. Dimana proses regenerasi dapat berjalan karena adanya proses pembelahan sel dan diferensiasi sel neoblast. Pada saat awal regenerasi planaria akan mulai menutup dan menyembuhkan bagian yang terluka. Lalu dengan bantuan sel neoblast terbentuklah jaringan yang menyusun tubuh planaria kembali. Neoblast merupakan kelompok stem cell yang mampu membentuk segala macam jaringan penyusun tubuh pada Planaria. Saat bagian kepala planaria yang hilang, maka sel akan meregenerasi bagian kepala saja. Begitu pula jika bagian ekornya hilang, maka sel akan meregenerasi bagian ekornya saja. Namun jika proses pemotongan terlalu tipis, maka planaria tidak dapat beregenarasi secara sempurna.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang ciri-ciri planaria brainly.co.id/tugas/997421

2. Materi tentang daya regenerasi pada planaria brainly.co.id/tugas/79148

3. Materi tentang terapi menggunakan stem cell pada brainly.co.id/tugas/6887493

Detail jawaban

Kelas:  5

Mapel:  Sains

Bab:  Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Kode:  5.4.3      

#AyoBelajar #SPJ2