Bantu jawab dong

Posted on

1. Apa yang dimaksud dengan :
a. selaput sel / membrane sel
b. sitoplasma
c. inti sel / nukleus

2. sebutkan ciri ciri dari sel
prokariotik dan eukariotik​

Bantu jawab dong

Jawaban:

a. Membran sel adalah lapisan terluar yang membungkus dan menjaga komponen sel di dalamnya. … Walaupun membran sel menjadi lapisan terluar sel pada kebanyakan makhluk hidup, tapi, untuk tumbuhan dan jamur, membran sel terletak sebelum dinding sel. Sifat membran sel yaitu semipermeabel karena adanya stuktur fosfolipid.

b. Sitoplasma merupakan cairan di dalam sel yang mengelilingi nukleus dan menjadi tempat untuk organel sel menjalankan fungsinya.

c. Inti sel atau nukleus adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik. … Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dengan bentuk molekul DNA linier panjang yang membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein.

2. Sel eukaryotik terdapat pada organisme uniseluler (seperti protista) maupun multiseluler (seperti jamur, tanaman dan hewan) Sel prokaryotik memiliki organel seperti retikulum endoplasma, mitokondria dan lisosom. Inti sel terpisah dari sitoplasma dengan membran inti.

Jawaban:

1.a. Membran sel adalah salah satu bagian sel yang memiliki fungsi sangat penting. Banyak fungsi-fungsi dari membran sel yang berhubungan dengan kinerja tubuh.

b. Sitoplasma merupakan cairan di dalam sel yang mengelilingi nukleus dan menjadi tempat untuk organel sel menjalankan fungsinya. Organel yang dimaksud meliputi mitokondria, lisosom, ribosom, retikulum endoplasma, dan aparatus golgi.

c. Inti sel atau nukleus merupakan organel terbesar yang paling menonjol dalam sel tubuh. Inti sel ini terbungkus oleh selubung inti (membran) yang mengandung kromosom.

2. Ciri-ciri Sel Prokariotik, sendiri diantaranya:

Memiliki membrane plasma memilikinukleoid ( DNA, RNA )

Memiliki sitoplasma

Tidak memiliki membrane inti dan system endomembrane.

Ciri-ciri sel eukariotik adalah sebagai berikut:

Sitoplasma dan nukleoplasma terpisah.

Bahan gen di dalam inti.

Mempunyai organel seperti golgi, mitokondria, retikulum endoplasma, ribosom, dan kloroplas pada tumbuhan.

Bahan gen ( DNA) seperti pita ganda dan tersusun spiral saling melilit (double helix).

Sebagai ucapan terimakasih, jadikan jawaban terbaik yaaa, thx orang baik